Fakta Unik Antara Perkembangan Internet dan Era Digital

Internet sudah menjadi tidak asing lagi bagi orang-orang. Dunia internet seakan telah masuk ke dalam kebutuhan sehari-hari kita. Coba diingat, sehari kamu menggunakan internet berapa kali? Dikit-dikit langsung mencari di internet, mencari informasi atau hanya untuk sekedar searching apapun.
Setiap hari pasti ada saja yang mengakses internet, entah itu menggunakan smart phone, tablet, komputer atau laptop. Internet telah merevolusi budaya masyarakat dunia menuju masyarakat informasi.

Dari sejumlah survey menerangkan bahwa jam rata-rata yang dihabiskan untuk mengakses dunia online lebih banyak dan terus meningkat, dibandingkan waktu untuk melihat televisi, membaca buku atau koran.
Digitalnomics dan cyberlife mungkin sudah menjadi “our second life”. Apalagi sekarang perkembangan smartphone juga semakin tinggi sehingga membuat interaksi digital juga semakin intens.
Berikut fakta–fakta mencengangkan tentang ledakan internet; yang ditampilkan dalam infografis yang tak kalah indahnya.

  • Dalam satu menit, Google menerima 2 juta queries. Kalau satu jam berarti ada 120 juta queries. Kalau satu hari satu malam berarti ada = 2,8 milyar pencarian. Just in one day.
  • Dalam satu menit, jumlah total email yang terkirim = 204 juta email. Just in one minute.
  • Dalam satu menit, uang yang dibelanjakan untuk online shopping = Rp 3 milyar. Jadi dalam satu hari satu malam = Rp 4,3 triliun. Just in one day. Bravo online shopping. Maka online shop adalah masa depan bisnis yang sangat menguntungkan.
  • Dalam satu menit, update status di Facebook berjumah 600 ribu. Dalam satu hari artinya ada = 864 juta update status.
  • Dalam satu menit, ada 571 website baru muncul. Dalam sehari semalam artinya ada 822 ribu lebih web baru muncul. Mudah-mudahan salah satunya punya Anda.

Data-data yang membuat kita tercengang tersebut merupakan simbol dari kebangkitan ekonomi digital. Ledakan digital yang sangat besar itu membuat salah satu pakar ekonomi digital menyebutkan bahwa seluruh data digital yang ada sejak dari tahun 1953 sampai tahun 2003 (50 tahun) kini sudah bisa diproduksi hanya dalam waktu dua hari saja.
Artinya, data digital yang kita produksi hanya dalam waktu 2 hari saja (dari blog, jutaan email yang terkirim, jutaan status dan foto yang kita upload di facebook, twitter, instagram, dan media sosial lainnya, sama saja dengan seluruh data digital yang terkumpul selama 50 tahun.

Dan ledakan data digital itu masih akan terus berlangsung, dengan kecepatan yang tidak akan menurun, dan perkembangan digital tidak akan mati.
Menanggapi hal tersebut apa yang akan kita lakukan untuk merespon perkembangan digital tersebut?

1. Apakah kita akan menjadi “digital passive consumer?”

Hanya sekedar menjadi pemirsa aktif yang terus dicekok dengan informasi digital yang akan terus menerus datang tanpa henti (information overload)?
Sebagian besar informasi digital bersifat seperti sampah, misalnya digital gosip, digital hoax, berita yang tidak penting, spam email, atau status yang tidak bermutu.
Banyak dari kita yang tanpa sadar sebagai “digital passive consumer” tetap menerima terpaan informasi yang hanya membuang waktu, tidak ada manfaat yang signifikan.

2. Atau kita lebih memilih untuk menjadi “smart digital creators”?

Kita tidak hanya menjadi pemirsa yang aktif namun juga ikut aktif untuk menciptakan konten-konten digital yang bermutu. Seorang “smart digital creator” akan lebih pandai untuk memilah-milah konten digital yang layak untuk dikonsumsi dan yang benar-benar dapat memberikan value bagi pengembangan dirinya.
Selain itu mereka juga akan mampu menciptakan aktivitas bisnis online yang dapat menghasilkan keuntungan financial dari karya-karya digitalnya.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.