Fitur Terbaru Android Marshmallow 6.0.1

Pekku Goers, raksasa internet yang berlogo sistem operasi robot hijau, Google, secara resmi telah meluncurkan update sistem operasi Android terbaru yaitu 6.0.1 Marshmallow beberapa waktu lalu. Meskipun bukan merupakan update besar, Android versi terbaru ini memiliki sejumlah fitur baru yang tentunya menarik perhatian para pecintanya. Nah, penasaran apa saja fitur terbaru dari Android 6.0.1 Marshmallow? Berikut ini adalah fitur-fitur yang wajib kamu ketahui:

 

Fitur Google Keyboard Versi Baru

 

google keyboard marshmallow

Tampilan Google Keyboard Android Marshmallow 6.0.1

 

Fitur terbaru Android 6.0.1 Marshmallow hadir dengan Google versi terbaru. Pengguna bisa menggunakan tambahan emoji baru yang dibenamkan ke dalam keyboard bawaan android Marshmallow. Semua emoji baru tersebut masih merupakan bagian dari Unicode 8.0. Sepertinya Google semakin ingin memanjakan penggunanya yang memang senang melakukan obrolan dengan menggunakan smartphone mereka, ya!

 

Fitur Voice Search

Sebenarnya fitur voice search sudah lama ada pada mesin pencarian Google, namun pada pembaruan sistem android 6.0.1 Marshmallow ini, Google ingin mendorong pemanfaatan voice seach dengan kapabilitas unggulnya yaitu voice assistant. Kemampuan searching pada Google Voice Search saat ini jauh lebih berkembang pesat dan berkemampuan untuk menjalankan penelusuran secara lebih cepat lagi. Dengan tampilan interface yang baru tentunya akan sangat menarik bagi sebagian banyak kalangan muda sebagai pengguna aktif internet.

 

Fitur App Permission

 

app permissions marshmallow

Fitur Application Permission Android Marshmallow 6.0.1

 

Pada Android 6.0.1 Marshmallow tersebut Google memberikan keleluasaan bagi semua penggunanya untuk mengontrol penggunaan aplikasi. Kehadiran fitur terbaru yang dinamakan App Permission ini memang membuat pengguna bisa mengontrol boleh atau tidaknya suatu aplikasi untuk menjalankan suatu aktivitas. Fitur ini diakui dilengkapi dengan peningkatan batasan privasi yang sangat cermat daripada sistem aplikasi Android versi sebelumnya.

 

Fitur USB Type – C

Fitur USB Type – C mampu membuat smarthphone milikmu yang berbasis Android 6.0.1 Marshmallow untuk bekerja semakin cepat dalam mentransfer data-data. Selain itu, fitur terbaru ini juga memiliki sistem charging yang lebih cepat. Menariknya lagi fitur USB Type – C juga memiliki fungsi multitasking yaitu menghubungkan perantara output video serta charging yang dapat bekerja secara bersamaan. Sayangnya, hanya beberapa brand smartphone tertentu yang baru memiliki fitur ini.

 

Fitur Doze Mode

Doze mode bisa mendeteksi jalannya aplikasi pada perangkat smartphone kamu. Ketika smartphone tidak digunakan sama sekali, maka fitur Doze Mode akan menggunakan sensornya untuk menghentikan berjalannya task dan aktifitas yang dirasa kurang penting. Fitur terbaru ini bekerja lebih cerdas daripada pengelolaan daya di sistem Android sebelumnya.

 

Fitur Android Pay

 

android pay marshmallow

Fitur Android Pay Pada Marshmallow 6.0.1

Fitur terbaru Android 6.0.1 Marshmallow adalah Android Pay. Fitur ini memudahkan pengguna untuk melakukan pembayaran digital dengan NFC. Selain itu, fitur ini juga didukung sensor sidik jari secara native. Artinya, produsen tidak perlu repot-repot menyiapkan pemrograman untuk sensor tersebut melalui riset mereka sendiri.

 

Fitur Chrome Custom Tab

Buat kamu para gamer yang sering memainkan game Android, tentu kamu pernah mengalami saat dimana kamu mendadak harus meninggalkan game dan membuka sebuah halaman web di Chrome yang terbuka secara perlahan untuk membaca konten secara keseluruhan. Melalui fitur terbaru ini, smartphone kamu yang berbasis Android 6.01 Marshmallow bisa melakukan preload dari tiap konten di halaman web sebelum mengirimkanmu ke halaman baru tersebut. Fitur Custom Tab ini dirancang supaya kamu dapat membuka tab Chrome di aplikasi lain tanpa hambatan.

 

Fitur Google Now

Google Now adalah fitur baru terbesar di Android 6.0.1 Marshmallow. Google Now diciptakan supaya semakin mengetahui keinginan pengguna. Secara otomatis fitur tersebut menyediakan info-info yang dapat teridentifikasi dengan relevan karena terkoneksi bersama Android yang ada pada smartphone kamu. Menariknya, kamu bisa menon-aktifkan fitur ini apabila kamu tidak sedang membutuhkannya.

 

 

Tips Pekku:

Sebelum melakukan update pada sistem operasi Android, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kapasitas kemampuan smartphone yang kamu miliki karena pada umumnya kamu hanya bisa memperbarui sistem Android satu tingkat lebih tinggi dibandingkan dengan operasi sistem bawaan smartphone kamu. Tidak semua fitur-fitur baru tadi bisa berjalan dengan lancar di smartphone kamu, sehingga faktor lain seperti memori internal dan juga kapasitas RAM turut mempengaruhi kecepatan smartphone kamu dengan menggunakan Android 6.0.1 Marshmallow.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.