Food Blogging: Berpenghasilan Melalui Hobi

Pekku Goers, apakah kalian pernah melihat sekumpulan anak-anak muda yang sibuk mencari posisi hingga berpindah-pindah meja untuk mengambil foto makanannya? Atau bahkan sampai ada yang menaiki kursi demi mendapatkan angel terbaik?

 

Nah, itulah para food blogger yang sedang berjuang untuk mendapatkan foto terbaik dari makanan dan minuman yang mereka pesan. Lalu, setelah difoto, apa yang mereka lakukan? Hanya untuk diposting di media sosial saja kah? Tentu saja tidak.

 

Food blogger adalah profesi yang diawali dari hobi untuk mencicipi berbagai makanan dan minuman dari kafe maupun restauran yang berbeda-beda. Tidak hanya sekedar mencicipi, mereka juga mengambil gambar dan mengupload hasil foto berikut dengan review  tentang makanan dan minuman yang telah disajikan. Tidak hanya mengenai makanan dan minuman saja, terkadang mereka juga membahas mengenai pengalaman pribadi seperti kualitas pelayanan, suasana, kenyamanan saat menikmati hidangan, dan bahkan bila kafe serta restauran tersebut memiliki penghargaan tertentu juga akan dijabarkan oleh para food blogger.

 

Pekerjaan seorang food bloggers pun tidak hanya seputar mengulas dunia kuliner. Beberapa food blogger memiliki website dan media sosial dengan tujuan untuk membagikan resep masakan dan minuman hasil kreasi mereka sendiri. Nah, media bagi food blogger dalam menceritakan pengalamannya pun dapat berupa website (atau yang juga dikenal dengan blog) dan sosial media seperti Instagram dan Facebook.

 

Bekerja sebagai food blogger tidak hanya sekedar melakukan hobi namun juga memperoleh pendapatan. Sebagian food blogger telah memiliki pekerjaan tetap dan menjadikan hobi mereka ini sebagai pendapatan sampingan. Namun, banyak pula food blogger yang menjadikan hobi mereka ini menjadi pendapatan utama, terutama bagi yang namanya telah dikenal oleh orang banyak. Food blogger dibayar atas setiap review yang mereka upload di blog. Harga setiap review pun sangat relatif, tergantung bagaimana kamu ingin menghargai atas usaha untuk menulis tiap review tersebut.

 

Jika kalian tertarik untuk mendapat penghasilan sampingan melalui hobi mengincipi makanan dan minuman, berikut adalah beberapa tips untuk menjadi seorang food blogger:

 

  1. Miliki akun sosial media dan blog sendiri.

Tentunya media adalah hal yang paling penting untuk kalian yang ingin berkarya  di dunia blogging. Kalian juga dapat membuat blog lewat Pekku.com secara instan dan desain sesuai keinginanmu. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat mengakses link di bawah ini:

https://pekku.com

 

  1. Kembangkan gayamu sendiri

Memiliki ciri tersendiri yang berbeda dengan blog lainnya tentu akan menjadi sebuah kelebihan tersendiri. Kamu dapat mulai menggali gaya menulis dan mengambil foto yang kamu inginkan dengan melihat beberapa referensi food blog yang relevan dan mengembangkannya. Jangan lupa, bila kamu memiliki gaya yang identik, maka secara tidak langsung kamu juga membangun brand atas dirimu. Hindari untuk meniru gaya menulis dan mengambil foto dari yang sudah ada karena justru akan mengurangi daya tarik blog milikmu.

 

  1. Pastikan blog milikmu memberi solusi dan berfungsi dengan baik

Terlihat sederhana namun seringkali tujuan utama dalam membangun blog dilupakan seiring dengan perjalanan waktu. Jangan biarkan pengunjung kehilangan tujuannya saat berkunjung ke blog milikmu.  Jika kamu seorang food blogger, pastikan tulisanmu selalu memberikan review yang relevan dan rekomendasi yang dapat diperoleh pengunjung blogmu.

Selain itu, blogmu harus dapat berfungsi dengan baik. Jangan sampai blogmu malah membuat pengunjung kebingungan atau bahkan tidak dapat mengaksesnya. Selain kamu akan kehilangan pengunjung, kamu juga akan mengurangi kredibilitasmu sebagai seorang blogger.

 

  1. Jadilah Komentator yang Baik

Poin ini harus sangat diperhatikan. Bergabunglah dengan food blog lainnya dan berikan komentar yang relevan, entah kamu setuju atau tidak dengan si penulis blog tersebut. Berikan komentar dengan bahasa yang sopan dan positif serta berhubungan dengan topik yang sedang dibahas. Dengan menjadi komentator yang baik, kamu dapat membangun relasi antar food blogger lainnya serta mendapatkan perhatian dari pengunjung blog tersebut.

Win-win solution!

 

Pekku Tips: Saat kamu menjadi seorang blogger dan memiliki tujuan untuk memberikan informasi baru kepada pembaca blogmu, kamu harus memastikan bahwa review yang kamu berikan adalah objektif dan tidak berpihak. Hal ini perlu untuk selalu kamu ingat karena akan menyangkut kredibilitasmu sebagai seorang blogger.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.