Google Smart Reply bagi Kamu yang Sibuk Beraktivitas

Salah satu fitur baru hasil inovasi Google yang dirilis di tahun 2015 kemarin adalah Google Smart Reply. Google Smart Reply ini akan diaplikasikan pada produk Google yaitu Gmail yang diharapkan akan memberikan banyak kemudahan bagi para penggunanya.

 

Seperti apa cara kerja Google Smart Reply?

Fitur ini berfungsi untuk membantu pengguna Gmail dalam menjawab email mereka dalam waktu singkat, terutama bagi yang mengaksesnya melalui smartphone dan tablet. Cara kerjanya cukup sederhana. Setiap email yang masuk ke dalam akun Gmail akan terlebih dahulu disaring oleh Google Smart Reply. Setelah Google Smart Reply menyaringnya, fitur ini akan memberikan 3 pilihan jawaban umum yang relevan untuk menjawab email tersebut. Dari ketiga pilihan tersebut, pengguna dapat langsung memilih jawaban yang diinginkan dan mengirimnya kembali kepada si pengirim. Sangat mudah dan cepat, bukan?

 

google smart reply

 

Google Smart Reply juga didesain untuk mempelajari penggunanya pada jawaban apa saja yang sering mereka gunakan saat menjawab email. Sebagai contoh, jika kalian sebagai pengguna tidak pernah memilih, “Saya tidak setuju.” untuk menjawab email dari pengirim tertentu, maka fitur ini tidak akan memberikan pilihan jawaban tersebut lagi di masa depan.

 

Konsep Google Smart Reply

Google Smart Reply dikembangkan dengan konsep untuk dapat memberi banyak kemudahan bagi para pengguna, terutama mereka yang sering mengakses akun Gmail melalui smartphone dan tablet. Fitur ini tidak hanya memberikan kemudahan karena mampu mengurangi pengguna dalam menuliskan jawaban, namun juga menunjukkan bahwa teknologi saat ini dapat berevolusi menjadi semakin pintar dan dapat bertindak sebagai asisten pribadi penggunanya.

 

Teknologi yang digunakan

Dalam mengembangkan fitur Google Smart Reply, para insinyur Google menggunakan Deep Neutral Networks, yang dapat membantu fitur ini dalam ‘membaca’ setiap email yang masuk dan menyaringnya serta memberikan 3 alternatif jawaban untuk pengguna. Deep Neutral Networks merupakan teknologi yang juga digunakan oleh Google’s Voice Search dan thumbnail Youtube dengan sedikit improvisasi di dalamnya. 

Google juga memberikan variasi pada fitur ini dengan menanamkan ‘long short-term memory’ untuk membantu mesin dalam mempelajarai bagian mana dari email yang dapat digunakan untuk memprediksi jawaban untuk email tersebut. Selain itu, untuk menjaga privasi pengguna, fitur ini dijalankan dengan tidak melibatkan campur tangan manusia sama sekali di dalamnya. Artinya, semua sistem ini hanya dijalankan oleh komputer.

 

Tertarik untuk mencobanya? Jangan lupa bagikan pengalamanmu setelah mencoba Google Smart Reply.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.