Pentingnya Halaman Frequently Asked Questions (FAQ) di Toko Online

[Cover Blog] Vector-21

Dalam menjalankan bisnis online, halaman FAQ (frequently asked question) sangatlah penting. Bisnis online khususnya toko online membutuhkan halaman FAQ sebagai fasilitas agar pembeli merasakan kepuasan ketika berbelanja. Beberapa mungkin tidak sadar betapa pentingnya halaman FAQ karena halaman ini juga masih jarang ditemui di berbagai toko online. Karena hal itulah, pada artikel kali ini kita akan membahas pentingnya FAQ untuk keberlanjutan sebuah bisnis online, khususnya toko online.

FAQ tumbuh dalam toko online dikarenakan munculnya berbagai macam pertanyaan dari pembeli atau calon pembeli di toko online. Tidak dipungkiri, ketika berbelanja pelanggan pasti memiliki berbagai macam pertanyaan dasar seperti cara pembayaran, produk, cara pemesanan, serta beberapa pertanyaan umum lainnya. Nah, jawaban dari pertanyaan inilah yang nantinya akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap toko online yang anda punyai. Dengan adanya FAQ penjual mampu memiliki waktu lebih untuk memfokuskan terhadap produk.
Berikut beberapa pertanyaan yang kerap di tanyakan para calon pembeli:

1. Produk
Pertama kali, pertanyaan yang muncul dari calon pembeli ialah tentang produk. Pembeli akan mencari tahu segala hal yang berhubungan dengan produk seperti: bagaimana kualitas barang yang dijual, adakah garansi dari setiap produk, apa saja deskripsi produknya, dan lain-lain.
2. Pemesanan barang
Selanjutnya, setelah mengetahui barang atau produk yang ada, calon pembeli akan beraliih kepada pertanyaan tentang cara pemesanan. FAQ (frequently asked question) sangat membantu dalam semua kegiatan yang berlangsung di toko online. Pelanggan atau pembeli akan lebih di mudahkan lagi, karena segala pertanyaan mereka mengenai prosedur pemesanan telah terjawab dengan lengkap.
3. Pengiriman barang
Selanjutnya pertanyaan yang akan muncul ialah tentang cara pengiriman barang. Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan, karena dengan membeli secara online pasti banyak yang berfikir bagaimana prosedur pengirimannya. Berangkat dari hal tersebut, halaman FAQ hadir agar para pelaku bisnis toko online dapat dengan mudah memaparkan atau menjelaskan prosesnya secara detail. Ini akan memudahkan pelaku bisnis karena nantinya para calon pembeli yang belum paham masalah ini bisa langsung datang ke halaman FAQ.
4. Prosedur pembayaran
Dalam membeli barang atau produk secara online, pelanggan atau pembeli akan bertanya bagaimana cara membayar. Tata cara pembayaran yang dilakukan, penjual dapat menerangkan pada halaman FAQ sehingga pembeli mampu memahaminya dengan jelas agar tidak terjadi keraguan atau kebimbangan.

Dari empat pertanyaan yang muncul diatas, halaman FAQ terlihat mampu dan penting dalam bisnis online. Selain empat pertanyaan mendasar diatas, anda juga bisa menerangkan bahwa toko online yang anda punyai benar-benar bisa dipercaya. Berikan dan tuliskan juga kontak yang dapat dihubungi secara pasti. Agar usaha anda berkembang semakin baik, sebaiknya anda menjelaskan dengan detail tata cara yang dapat memperjelas para pembeli di toko online dengan memaparkan di FAQ (frequently asked question).

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.