Hati-hati! Ide kreatif bisa terbunuh gara-gara 4 pola pikir ini!

[Cover Blog] 21

Dalam sebuah bisnis ide kreatif merupakan salah satu hal yang paling utama dalam perkembangan usaha. Namun sayangnya ide kreatif bisa terbunuh dengan sangat mudahnya dari pola pikir kita sendiri. Hal ini kerap tidak disadari namun akibatnya sangatlah telak bahkan mengganggu kreatifitas.

Ide kreatif bisa muncul kapanpun dan dimanapun dalam berbagai macam kesempatan. Sewaktu-waktu kita harus meluangkan untuk memberikannya perhatian dan juga konsistensi yang tinggi. Jika tidak kita perlakukan dengan baik maka ide kreatif tersebut akan sangat mudah mati dan hilang, Tentunya anda tidak ingin jika hal itu terjadi bukan? Untuk itu jagalah pola pikir anda dengan menghentikan pikiran negative berikut ini:

  1. Takut resiko
    Setiap orang memiliki ketakutan tersendiri dan ini tidak bisa hilang begitu saja. Sama halnya dengan langkah-langkah dalam bisnis. Pastinya adna pernah merasakan ketakutan ketika mengambil resiko. Pertanyaan yang sering muncul adalah pertanyaan “kira-kira resiko terburuk apa saja yang akan terjadi jika…..”
    Pertanyaan seperti diatas akan membuat anda menganalisa, namun usahakan sampai tahap analisa saja jangan sampai memujudkan ketakutan akan risiko. Kita harus mengingat bahwa semua yang berhubungan dengan diri kita adalah resiko, termasuk tidur. Jadi, positifkan rasa takut anda dan gunakan dengan baik agar ide kreatif anda tidak mati.
  2. Terlalu semangat dalam rencana bisnis
    Semangat sangat diperlukan dalam menjalankan sebuah bisnis. Tanpa semangat dijamin bisnis anda tidak akan terlaksana dengan maksimal. Namun, semangat tanpa action tidak akan mampu untuk meraih kesuksesan, nah disinilah dibutuhkan action. Merencanakan sesuatu memang sangat mudah, namun tidak mudah dengan cara pengaplikasiannya dalam tindakan. Jadi, imbangi antara semangat dengan tindakan agar ide kreatif anda tidak macet ditengah jalan.
  3. Memiliki pola pikir yang skeptis
    Hindari memelihara skeptis dalam keseharian anda. Sikap skeptis ini akan membuat kreatifitas berhenti dan anda akan terpenjara dengan sikap anda sendiri. Pastikan melatih penglihatan anda untuk melihat sesuatu dari segi positif.
    Ingat, seseorang yang berpola pikir skeptis akan menganggap remeh semua yang dikerjakan dengan berbagai alasan. Nah, alasan inilah yang nantinya justru merusak dan hanya memberikan pemasukan yang buruk.
    Intinya, seorang yang skeptis akan selalu berusaha mencari alasan agar bisa selamat. Namun, sayangnya setiap alasan atau masukan terkadang justru membuat ide kreatid kita mati.
  4. Hindari berfikir “bagaimana kalau”
    Jika hendak melakukan pekerjaan, lakukanlah dengan segera. Hindari menunda apalagi jika muncul sebuah pertanyaan “bagaimana, kalau…”. Nah, pertanyaan inilah yang nantinya akan membuat anda semakin bimbang, plin plan, bingung sehingga ide kreatif yang anda hasilkan tidak dapat terarah dengan baik. Lalu bagaimana cara menghilangkan pola pikir ini? Langsung saja terapkan ide yang anda miliki, analisa dan kerjakan.

Itulah 4 pola pikir yang akan membunuh kretifitas anda. Hindari keempat pola pikir diatas agar bisnis anda bisa sukses.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.