Info 1 Menit

Hal istimewa tentang mendesain website adalah orang lain gak akan pernah ngerti tentang desain web seperti seorang designer. Kali ini, kita akan menjelaskan secara ringkas agar kamu dapat mengerti tentang desain seperti seorang designer (Yah, setidaknya sedikit). Jangan khawatir jika pada awalnya kamu merasa kesulitan. Yuk simak dulu ‘quick info’ nya Pekku. Berikut adalah hal yang harus kamu perhatikan agar website kamu dapat tersampaikan ke target yang sesuai.

KONTEKS

Pertama, dengan memahami konteks. Pahami bisnis apa yang akan kamu jalankan atau setidaknya tujuan pembuatan website kamu. Jika sudah jelas, hal seterusnya adalah dengan memahami kebutuhan pengunjung yaitu dengan memastikan apa yang harus kamu tambahkan ke websitemu agar dapat memberi kemudahan kepada pengunjungmu nanti. Jadi artinya, sebelum memulai kamu membutuhkan konteks.

KONTEN

Konten adalah hal yang paling penting seperti yang dikatakan orang-orang “content is king”. Di dalam konten terdapat teks dan gambar yang didesain dalam website. Sebagai fondasi dari sebuah web, informasi tersebut perlu untuk didesain dengan baik agar dapat disampaikan melalui desktop atau ponsel. Apalagi zaman sekarang orang-orang lebih senang dengan penggunaan gambar karena generasi baru lebih cepat menyerap melalui media visual.

TIPOGRAFI

Oliver Reichenstein, sosok yang sangat mendalam dan penting dalam dunia desain web pernah menulis sebuah artikel pada tahun 2006 yang menyatakan bahwa 95 % dari web adalah tipografi. Walaupun sekarang dunia web didominasi dengan gambar, tidak berati semuanya dapat disampaikan dengan jelas melalui gambar. Kita harus akui terkadang ada gambar-gambar yang gagal menyampaikan pesan tanpa bantuan teks / tulisan. Hal ini menunjukkan bahwa peran teks dalam suatu konten adalah sangat penting.

KESEDERHANAAN

Simple lebih baik. Tapi, simple gak berarti konten dalam sebuah website dikurangkan . Terkadang, membuat sesuatu yang simple dan kelihatan minimalis itu sangat susah karena kita menginginkan website kita kelihatan up to date. Membuat website yang simple namun ‘sophisticated’ adalah kerja keras. Jadi sebelum kamu mulai membuat website, hal yang harus kamu ketahui adalah dengan mempelajari disiplin seorang web designer yaitu; mendahulukan apa yang penting, contoh halaman mana dan navigasinya dan menemukan cara untuk menyembunyikan ketidaksempurnaan (jika terjadi).

Tips dari Pekku : “Less is more.” Harus kita akui, kita menelusuri internet karena kita semua suka dengan hal instan, semua orang menginginkan informasi atau apapun dengan cepat. Jadi, buatlah website mu dengan seminimalis mungkin namun padat dengan info yang dibutuhkan. Usahakan supaya website mu tidak kelihatan terlalu penuh agar pengunjung dapat menemukan yang mereka cari.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.