Ingin Menjalankan Inbound Marketing? Berikut Langkah-langkahnya

Inbound marketing adalah strategi pemasaran modern yang dilakukan dengan cara menyediakan konten-konten website yang mampu menarik perhatian dan mendorong pengunjung website tersebut untuk menjadi pembeli. Inbound marketing mulai dikenal di Indonesia pada tahun 2006 dan kian populer hingga sekarang. Hal ini didukung dengan tingginya pertumbuhan media online sehingga inbound marketing dianggap sebagai cara efektif untuk melakukan pemasaran tanpa harus mengeluarkan banyak modal.  Pada umumnya, inbound marketing memanfaatkan konten untuk menarik target market yang dituju, seperti SEO, blog, video, dan juga media sosial. Kamu tertarik untuk menjalankan inbound marketing? Ketahui langkah-langkahnya berikut ini.

 

Perhatikan Jenis Penawaran yang Akan Ditawarkan

Jika kamu ingin menciptakan beberapa konten yang berharga untuk meningkatkan trafik websitemu, ada baiknya untuk terlebih dulu memperhatikan jenis penawaran yang akan diberikan. Tentunya setiap penawaran memiliki nilai yang berbeda-beda. Namun, kamu tetap dapat menciptakan sebuah campaign dengan menggabungkan beberapa penawaran tersebut pada satu tema yang terhubung dengan tujuan pemasaran. Beberapa jenis penawaran yang dapat meningkatkan trafik website bisnismu dapat berupa eBooks, blog, konsultasi, kupon, dan lain-lain.

 

Tetapkan Tujuan Inbound Marketing

Menetapkan tujuan inbound marketing dapat membantu kamu dalam mengambil langkah pemasaran yang ingin dijalankan. Sebagai saran untuk bisnismu, sebaiknya membentuk tujuan yang lebih dari sekedar meningkatkan awareness atau engagement dengan para pembeli. Kamu dapat menetapkan tujuan seperti menghasilkan jumlah leads yang diinginkan dengan batas waktu tertentu. Selain itu, kamu juga dapat memperbaiki peringkat keyword SEO yang ada di mesin pencarian seperti Google. Dengan demikian mak tujuan inbound marketing yang kamu lakukan akan dengan mudah dicapai.

 

Memanfaatkan Channel untuk Meningkatkan Trafik

Dalam menjalankan inbound marketing, kamu dapat memanfaatkan channel atau saluran promosi untuk meningkatkan trafik. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memberikan penawaran melalui email marketing perusahaanmu kepada orang-orang yang dianggap memiliki ketertarikan pada konten email tersebut. Kamu juga dapat menggunakan kreativitasmu secara maksimal untuk membuat sneak peak campaign perusahaan pada akun-akun media sosial yang ada. Jika website bisnismu disertai dengan blog, maka kamu pun dapat menuliskan topik mengenai campaign yang sedang dilakukan. Jangan lupa untuk menambahkan internal links dalam penawaran dan lakukan tracking siapa saja yang telah membaca postingan tersebut.

 

Tips Pekku:

Menjalankan inbound marketing untuk meningkatkan penjualan perusahan bukan lagi hal yang sulit. Kamu dapat memulainya dengan memperhatikan jenis penawaran yang akan diberikan, menetapkan tujuan, serta memanfaatkan channel untuk meningkatkan trafik kunjungan. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.