Ingin Sukses? Tinggalkan “Jam Karetmu” dengan 7 Cara Praktis ini

[Cover Blog] Vector-17

Sudah banyak orang yang bilang bahwa “waktu adalah uang”, yap… hal ini memang benar. Bahkan waktu jauh lebih berharga daripada uang. Uang bisa didapat kembali meskipun sudah kehilangan, namun tidak dengan waktu. Meskipun kita hanya melewatkan sepersekian detik saja tapi dijamin kita tidak akan pernah melihatnya kembali. Mengingat betapa pentingnya waktu terhadap kehidupan kita inilah maka banyak orang menyesal meninggalkannya, khususnya mereka yang mempunyai kebiasaan jam karet.

Telah diketahui salah satu kebiasaan buruk karyawan ataupun pebisnis adalah jam karet. Padahal dalam dunia bisnis waktu merupakan salah satu hal yang sangat penting, terlambat sedikit saja kita bisa kehilangan kesempatan emas dalam rangka pengembangan usaha. Sayangnya kebiasaan ini seakan telah mendarah daging pada sebagian karyawan saat ini baik datang rapat, masuk kerja, bertemu klien, dll.

Kebiasaan jam karet jika diteruskan pastinya berakibat buruk bagi keberlanjutan karir, lalu bagaimana cara menghilangkannya? Nah, ini dia kami rangkum 7 cara efektif untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Lebih lengkapnya simak 7 cara praktis menghilangkan jam karet dibawah ini:

  1. Apapun kegiatannya, selalu awali 10 menit lebih awal
    Untuk meminimalisir kebiasaan jam karetmu, maka awali kegiatanmu 10 menit lebih awal. Semisal jika jam kerja anda mulai dari pukul 7 pagi dan kebiasaan berangkatmu adalah 06.30 dan masih saja terlambat, maka kurangilah jam berangkatmu menjadi 06.20.
  2. Jangan meremehkan satu detik waktu yang kamu miliki
    Tanamkan dalam memori kamu bahwa satu detik begitu berarti sehingga dengan ini kamu akan terbiasa untuk tidak terlambat. Selain itu, datang tepat waktu memberikan kesan lebih menghormati kepada klien, bawahan atau atasan.
  3. Buatlah catatan kecil tentang semua jadwal pertemuan, rapat dll.
    Membuat catatan akan meminimalisir tingkat jam karetmu. Bagaimana bisa? Selain mencatatnya, anda juga harus kerap membacanya catatan tersebut minimal sehari satu kali. Ini ditujukan agar tidak ada satu kegiatanpun yang terlewatkan. Selain itu, anda juga akan lebih mudah memanage jadwal ganda.
  4. Buatlah reminder
    Cara ini digunakan untuk mereka yang selalu beralasan lupa. Buatlah semacam reminder pada smarthphone atau laptop. Setting atau atur pengingat ini lebih awal paling tidak 10 menit sebelum kegiatan berlangsung agar nantinya anda tidak tergesa-gesa.
  5. Mintalah bantuan orang lain untuk mengingatkan
    Manusia merupakan makhluk sosial, karena itu tidak ada salahnya untuk meminta orang lain mengingatkan. Jika kamu seorang atasan, cobalah meminta kepada asisten anda untuk mengingatkan jika nantinya ada rapat atau pertemuan dengan klien. Ini merupakan cara ampuh untuk meminimalisir jam karet anda.
  6. Persiapkan semua peralatan mulai pagi harinya
    Salah satu hal yang sering membuat seseorang terlambat adalah peralatan yang belum siap. Untuk itu, sebelumnya selalu cek semua peralatan baik dari kendaraan hingga peralatan rapat yang paling kecil seperti pulpen. Jika perlu buatlah sebuah list.
  7. Prediksikan jarak dan waktu tempuh
    Cara selanjutnya adalah dengan selalu memprediksikan waktu tempuh. Prediksikan dengan detail mulai dari kemacetan dan beberapa alternative jalan sehingga nantinya kamu bisa datang tepat waktu.

Itulah beberapa cara praktis untuk menghilangkan kebiasaan jam karet. Dengan menghilangkan jam karet dijamin kamu akan menjadi seorang yang sukses. Kenapa? Karena orang yang menghargai waktu bisa dipastikan bisa menghargai orang lain dan dirinya sendiri dan inilah salah satu kunci untuk bisa sukses. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.