Iseng-iseng Berbahaya!

Banyak pemilik website atau perangkat mobile menggunakan anti-virus, firewall, dan anti-spam dalam upaya mencegah. Namun, pemilik website seringkali lupa bahwa tindakan preventif dari hacking bukan hanya pada aktivasi pengamanan saja. Justru tindakan iseng yang terkesan tidak berarti adalah sarana hacker membobol akses personalmu, termasuk website usahamu. “Keisengan” tersebut adalah:

  1. Akun media sosial yang memuat informasi lengkap mengenai data pribadimu. Hacker mampu melacak informasi lebih seputar data pribadi dari informasi tersebut, misalnya NIK atau NPWP. Hal ini memungkinkan hacker yang berniat jahat untuk memanfaatkan informasi tersebut salah satunya dengan menghack websitemu atau mengacaukan database usahamu.
  2. Akun Wi-Fi yang tidak memiliki identitas jelas. Akun Wi-Fi ini sering kita jumpai di tempat umum seperti hotel atau ruang konferensi dimana targetnya adalah perangkat mobile yang diatur untuk terhubung secara otomatis dengan jaringan Wi-Fi terdekat. Jika perangkat mobilse seperti tablet atau smartphonemu terhubung dengan jaringan ini, hacker berpotensi dapat mengakses informasi pribadi ataupun bisnis yang tersimpan didalamnya. Jadi jangan iseng menghubungkan perangkat dengan Wi-Fi tak dikenal karena ingin hemat kuota internet ya, karena data pribadi adalah taruhannya.
  3. Menyimpan password berbagai akun di notebook atau smartphone. Alasannya memang dapat dipahami, karena menghafalkan berbagai variasi password untuk beragam akun tentu sulit. Tapi tindakan iseng dengan menyimpan password baik dalam bentuk word atau unencrypted file di komputer secara tidak langsung menjadi undangan bagi hacker untuk mengintip akunmu.
  4. Membuka link yang dikirim melalui email tak dikenal. Rasa penasaran manusia sangatlah besar, terutama jika menyangkut hal-hal yang memang menarik. Hal ini dimanfaatkan oleh kriminal dunia maya dengan menyematkan hyperlink dan mengirimkannya melalui email padamu. Keisengan dan rasa penasaranmu akan mendorong keinginan untuk mengklik hyperlink tersebut, akhibatnya mallware akan menginfeksi perangkat yang kamu gunakan melalui sbuah klik bernada iseng tersebut.

 

Kalau ada istilah “iseng-iseng berhadiah”, kemajuan teknologi menghadirkan istilah baru, “iseng-iseng berbahaya”. Update selalu perkembangan teknologi agar tidak tertipu dan merasakan pahit buah dari keisengan yang akhirnya berbuntut panjang. Semoga informasi dari Pekku ini dapat berguna untuk melindungi privasi dan data usahamu. Salam sukses!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.