Jadi Freelancer? Why Not?

Bekerja sebagai freelancer memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan menjadi karyawan. Waktu yang fleksibel salah satunya. Tanpa ikatan kontrak dengan perusahaan, kamu dapat menerima atau menolak proyek pekerjaan sesuai dengan kebutuhan. Sehingga kamu pun bisa terbebas dari jadwal kerja karyawan pada umumnya mulai dari pagi hingga malam. Jika kamu merasa jenuh dengan rutinitas membosankan menjadi karyawan, mungkin menjadi freelancer bisa jadi pilihan yang tepat untuk membangun karir profesionalmu. Masih kurang yakin untuk menjadi freelancer? Yuk simak artikel berikut.

Kebebasan

Tanpa ikatan kontrak dengan perusahaan, kamu lebih bebas dalam bekerja. Kebebasan yang kamu rasakan pun tak hanya soal jam kerja saja, namun juga soal klien, proyek, hingga lokasi bekerja. Tidak seperti ketika bekerja sebagai karyawan, kamu bebas memilih proyek apa yang ingin dikerjakan. Kebebasan memilih tersebut bisa kamu manfaatkan untuk membangun portfolio mu.

Soal waktu, freelancer juga tidak terbatas dengan jam kerja karyawan dari jam 8 pagi hingga 5 sore. Kamu bisa menyesuaikan jadwal kerja sesuai keinginan. Pekerjaanmu bisa kamu kerjakan hingga larut malam sehingga waktu luang yang ada esok harinya bisa kamu gunakan untuk kegiatan yang lain.

Sama halnya dengan waktu, lokasi dimana kamu bekerja juga sangat fleksibel. Kamu bisa memilih tempat manapun untuk dijadikan meja kerja. Saat membutuhkan kosentrasi tinggi, kamu bisa memilih ketenangan yang ada dalam rumah sendiri. Saat membutuhkan inspirasi, kamu bisa memilih tempat publik seperti perpustakaan, café, hingga co-working space.

Keberagaman

Variasi proyek yang ada menjadi nilai plus menjadi freelancer. Kamu bisa mengambil proyek sesuai keahlianmu atau di bidang lain yang ingin kamu jelajahi lebih dalam. Keberagaman macam proyek dengan rutinitasnya tersebut bisa mengusir kejenuhan rutinitas monoton seorang karyawan.

Kesempatan

Sebagai freelancer, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan berbagai macam pihak yang sebelumnya terlihat mustahil. Saat menjadi karyawan, kolaborasi tersebut terlihat jauh diangan-angan. Kamu terjebak bekerja dengan pihak yang sama dalam jangka waktu lama. Berbeda dengan freelancer, kamu bisa mengerjakan beberapa proyek sekaligus, bersama klien-klien impian di sepanjang tahunmu.
Salah satu yang

Pengembangan Diri

Kebebasan yang didapatkan seorang freelancer sangat berharga untuk pengembangan diri sebagai profesional. Kamu bebas memilih untuk bekerja dengan klien dari berbagai industri, sehingga kamu mempunyai wawasan luas tentang bagaimana industri tersebut beroperasi. Waktumu juga bebas kamu atur sesuka hati, bisa kamu gunakan untuk proyek tambahan atau kursus mengasah skill baru.

Namun, yang terpenting adalah kebebasan tersebut mampu mengasah kedisiplinanmu sebagai seorang individu profesional. Tanpa limitasi dari pihak perusahaan layaknya menjadi karyawan, kebebasan yang kamu miliki tak terhingga, sehingga membutuhkan tingkat disiplin sendiri untuk dapat memanfaatkannya secara maksimal. Dengan menjadi freelancer, kamu akan bisa belajar untuk mengontrol disiplin diri. Sehingga disaat kamu ingin kembali terjun menjadi karyawan, work ethics kamu tidak akan menghilang.

Langkah Pertama Menjadi Freelancer

Pasti merepotkan untuk mengirimkan file berisikan portfolio dan rekam jejakmu satu persatu ke tiap calon klien. Oleh karena itu, hal pertama yang harus dimiliki oleh setiap freelancer adalah portfolio dan CV yang bisa diakses dengan mudah kapanpun dan dimanapun. Kamu bisa menampung keduanya dalam sebuah website. Freelancer writer, desainer grafis, content creator, arsitek, apapun bidangnya, kamu bisa menjadikan website sebagai showcase hasil karyamu.

Membuat website pun mudah, tak seperti dulu yang harus menggunakan jasa pembuatan website yang bisa memakan dana hingga puluhan juta. Dengan platform instant website builder seperti Pekku, kamu bisa memiliki website dengan harga terjangkau. Tampilannya pun profesional, jauh dari kesan amatir jika kamu menggunakan platform blogging gratis. Meskipun bukan desainer, kamu bisa mendesain website dengan fitur gridless website editor sehingga kamu bisa mengatur tampilan website hanya dengan drag and drop.

Siap jadi freelancer sukses? Buat website portfoliomu sekarang juga dengan Pekku Instant Website!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.