Jadikan Bisnismu Sosial!

Tahun 2014 adalah tahun yang sangat sosial. Bagaimana tidak? Ada banyak platform sosial baru yang muncul, sehingga menyebabkan anggaran untuk pemasaran via kanal media sosial membengkak. Riset membuktikan bahwa 78% dari perusahaan-perusahaan Indonesia yang disurvei kini memiliki tim yang didedikasikan untuk mengurus media sosial. Ambil contoh Twitter yang kini tidak lagi menjadi tempat untuk sekadar membahas rencana makan siang karena 93% dari para profesional pemilik akun Twitter juga menggunakan media sosial untuk berbisnis. Sekalipun kamu bukanlah pemilih sebuah perusahaan, namun eksisnya media sosial dapat kamu manfaatkan sebagai media marketing bisnis UKMmu dengan memperhatikan beberapa poin penting di bawah ini.

Anggarkan untuk Beriklan.

Periklanan di media sosial juga menunjukkan tanda-tanda peningkatan dengan prakiraan total belanja iklan sebesar USD 10.24 miliar di tahun 2014. Semakin banyak perusahaan dan pengusaha UKM yang menciptakan strategi khusus untuk beriklan di media sosial dan menyisihkan anggaran yang tidak sedikit. Twitter serta Facebook masih menjadi platform jawara dalam periklanan media sosial, dan kini LinkedIn juga mulai menjadi tempat yang populer untuk beriklan.

 

Customer Experience adalah Prioritas.

Media sosial juga menciptakan kebutuhan akan tim pelayanan pelanggan yang siap sedia untuk selalau aktif merespon interaksi dengan follower. Akhir-akhir ini, semakin banyak konsumen yang menyuarakan ketidakpuasannya lewat media sosial dan bukan ke pusat layanan pelanggan. Faktanya, lebih dari 42% pelanggan yang berusaha untuk menghubungi brand lewat media sosial mengharapkan adanya respon dalam 60 menit atau kurang. Selain itu, dilaporkan juga bahwa 80% dari keluhan yang ada di media sosial ternyata tidak mendapat tanggapan. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi bisnismu untuk menciptakan strategi media sosial yang mampu merangkul seluruh pelanggan.

 

Berinvestasilah pada Teknologi.

‘Tidak terukur’ adalah mantra yang sudah terasa usang di tahun 2014 ini. Umumnya, pemasar di media sosial melaporkan keluhan yang paling sering terdengar adalah bahwa ROI media sosial tidak bisa dilaporkan secara efektif karena hal tersebut. Dengan semakin banyaknya alat pengukuran media sosial yang tersedia, salah satunya adalah Oracle SRM solution, pemasar bisa mendapatkan berbagai analisis, dari jumlah mention, sentimen, sampai dengan siapa saja influencer yang berinteraksi dengan konten. Hal yang paling penting adalah memiliki strategi khusus untuk mencapai tujuan yang hendak diraih melalui media sosial, dan memilih teknologi terbaik yang bisa membantu dalam pelaksanaannya.

 

Dengan semua tips tersebut, niscaya 2015 akan menjadi tahun yang membuahkan hasil untuk marketing lewat media sosial. Kembangkan bisnis UKMmu dan jadikan dirimu sukses berbisnis sejak usia muda!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.