Jebakan Penipuan di Media Sosial – bagian 2

Masih ingat dengan artikel tentang jebakan cyber di media sosial Facebook minggu lalu? Kami masih punya kelanjutannya, tapi kali ini bukan Facebook lagi, melainkan media sosial lainnya yang juga banyak digunakan masyarakat Indonesia. Berikut akan kami bagikan daftar penipuan cyber di media-media sosial populer yang wajib kamu hindari.

1. Aplikasi InstLikeapp di Instagram

Ribuan pengguna di seluruh dunia telah menginstal aplikasi InstLike dengan harapan bisa meningkatkan pengikut dan “penyuka” Instagram mereka. Sayangnya, aplikasi ini mengambil keuntungan dari password dan informasi lain yang mereka kumpulkan dari pengguna untuk meningkatkan pertumbuhan mereka sendiri, bahkan untuk menyebarkan virus. Meskipun sejumlah laporan mengenai metode penipuan ini telah dipublikasikan, masih banyak pengguna yang tanpa sadar ditipu, karena InstLike masih saja beredar dengan bebas.

 

2. Aplikasi Twitter Instant Followers

Suivez-moi

Aplikasi yang menjanjikan pengikut Twitter secara instan ini biasanya menyebabkan pengguna menjadi korban scammers, yang mempengaruhi bahkan menyerang akun pengguna dengan virus.

 

3. Penipuan dengan Umpan Twitter

Beberapa penipuan mengirim pesan seperti “Aku baru saja melihat fotomu ini ” untuk mengelabui pengguna agar mengklik link berbahaya dalam kotak pesan. Scammer bisa membajak akun pengguna Twitter dan mengirim pesan spam ke teman-teman mereka, mengarahkan mereka ke situs yang bisa mencuri informasi pribadi.

 

4. Permainan Berkencan di Tumblr

Fitur palsu ini dalam pesannya telah memikat banyak pengguna untuk mengklik link dan membuat account kencan, yang kemudian akan membawa mereka ke laman iklan atau halaman situs dewasa yang menghasilkan pendapatan bagi scammer.

5. Posting Palsu di Pinterest

Mon-2-3

 

 

 

 

 

 

 

 

Pinterest palsu ini menawarkan hadiah gratis untuk memancing pengguna ke situs survei palsu atau situs phishing. Aplikasi ini juga mengirim spam ke pengikut mereka untuk memperluas serangannya.

 

Sudah tahu jebakannya, atasi dengan strategi cerdas dengan tidak sembarangan mengklik link. Pastikan dulu apakah aplikasi tersebut memberikan hasil yang masuk akal atau terkesan “too good to be true”, hindari tipe yang ke-2. Pintar menjelajah media sosial bersama Pekku!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.