Kamu BUTUH Review Negatif

Review positif tentu kita suka, review negatif ingin kita hindari. Namun nyatanya review negatif akan selalu datang dari customer yang tidak puas karena tidak ada bisnis yang 100% sempurna baik dari sisi kualitas produk ataupun layanan. Justru sesungguhnya kamu BUTUH review NEGATIF. Bagaimana bisa? Bisa, karena review negatif:

 

1.     Membuktikan legitimasi bisnismu.

Bisnis yang websitenya dipenuhi review positif dan bintang 5 justru makin menimbulkan kecurigaan. “Apa review-review ini benar? Atau hanya tulisan orang bayaran? Atau malah pacanya si empunya bisnis yang menulis review?” Kecurigaan itu tidak akan berdampak baik untuk bisnismu karena semua bisnis pasti punya cela. Cela yang sesekali muncul inilah yang menjadikan bisnismu “masuk akal” dan bisa diterima.

2.     Menemukan kelemahanmu.

Kalau ditanya “apa kelemahan bisnismu?”, mungkin kita sulit menjawabnya entah karena merasa tidak punya cela atau belum menemukan cela tersebut. Review negatif membantu memberi jawaban atas pertanyaan itu karenapendapat orang lain biasanya lebih netral dan subjektif. Jadikan review negatif ini sarana untuk memperbaiki diri.

 

3.     Menunjukkan profesionalitas customer servicemu.

Review negatif yang terpampang di website atau media sosial adalah kesempatan emas bagimu untuk menunjukkan bahwa bisnismu punya fasilitas customer service yang oke. Tanggapi review negatif dengan bijak tanpa menjatuhkan atau menggurui customer dan buat customer lain kagum dengan kedewasaanmu  dalam menanggapinya.

4.     Memberikan kesempatan untuk mempertahankan bisnismu.

Review negatif tidak selalu tepat sasaran, bisa jadi customer lalai dan akhirnya melimpakan kesalahan padamu dalam bentuk review negatif. Jika kamu menemui customer yang demikian, bersabar dan konfirmasikan dengan pihak internal terlebih dahulu sebelum menanggapi. Jadikan kesempatan ini untuk berkomunikasi dengan customer dan mengembalikan kepercayaannya.

 

Tuh kan ternyata review negatif tidak selalu menjadi momok yang harus ditiadakan dari bisnis. Dengan strategi yang tepat, kamu juga bisa mendapat manfaat dari review negatif. Sikap positif memang diperlukan dalam berbisnis, apalagi jika kamu baru memulainya. Mulai sekarang jangan lagi takut atau merasa anti dengan review negatif karena Pekku sudah bagikan tipsnya barusan. Untuk tips seputar review lainnya, bisa kamu lihat disini.

Salam sukses!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.