Kenapa Tokoh Disney Jarang Punya Ibu?

Sadarkah kamu bahwa beberapa tokoh Disney – khususnya putri-putri Disney – jarang ada yang punya ibu? Ibu mereka biasanya sudah meninggal, menghilang, atau tidak diketahui nasibnya. Ariel (Little Mermaid) si putri duyung hanya diceritakan punya ayah, sang Raja Triton. Cinderella juga tidak punya ibu kandung. Dan walaupun beberapa tokoh yang baru muncul seperti Merida dan Tiana punya ibu, “Frozen” kembali ke pola lama dengan yatim piatu sebagai tokoh utama. Produser legendaris Don Hahn, yang menggarap “The Lion King” dan “Beauty and the Beast”,  serta menjadi produser eksekutif dalam “Maleficent” versi Angelina Jolie, menjelaskan kenapa banyak tokoh Disney yang tak lagi punya ibu.

 


“Alasannya sederhana saja, karena filmnya berdurasi 80 atau 90 menit, dan film-film Disney mengangkat tema “tumbuh dewasa”. Filmnya mengisahkan suatu hari dalam hidup Anda ketika Anda harus menerima tanggung jawab. Akan lebih cepat menceritakan tokohnya tumbuh dewasa ketika ibunya sudah tiada. Ibunya Bambi dibunuh, jadi dia harus jadi dewasa. Belle (Beauty and the Beast) hanya punya ayah, tapi ia tak bisa diandalkan, jadi Belle harus menjadi dewasa. Itulah alasan singkatnya.”


Ibu memegang peranan penting dalam kehidupan berkeluarga dan dalam proses kita tumbuh dewasa. Dari nasib hidup para tokoh Disney, timbul sebuah pertanyaan, “Apakah kita baru bisa bertumbuh dewasa setelah orang tua yang kita sayangi diambil oleh Yang Maha Kuasa?” Marilah kita bersama merenungkan kembali relasi kita dengan sang ibu, sebelum sang ibu tidak lagi bersama dengan kita. Selamat Hari Ibu!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.