Kesan dan Pesan dari Customer Untukmu

Kamu yang suka travelling tentu familiar dengan situs agoda dimana tersaji lengkap berbagai info hotel dan wisata dari seluruh penjuru dunia beserta reviewnya. Melalui review itulah traveller bisa mengetahui bagaimana pendapat traveller lain yang sudah lebih dulu berkunjung atau menginap. Review bukan hanya milik situs besar kenamaan seperti agoda, review juga dibutuhkan oleh pelaku UKM untuk berkembang. Masalahnya, meminta customer untuk menulis review tidaklah mudah, ada yang enggan dan ada yang memberi dengan ogah-ogahan. Lalu bagaimana baiknya? Coba lakukan 4 taktik berikut supaya customermu mau memberikan review.

 

 

1. Beri tanda.

Customer tidak akan tahu kalau kamu meminta review jika websitemu tidak memiliki tanda-tanda meminta review. Sampaikan bisa melalui email, Call to Action, atau pada invoice akhir bahwa customer dipersilahkan menulis review.

2. Sediakan reminder pasca pembelian.

Setiap pelaku bisnis UKM pasti memberikan nota pada customer yang membeli produknya, manfaatkan nota tersebut dengan “menyematkan” Call to Action. Misalnya: Suka dengan produk kami? Silahkan sampaikan pesan dan kesan Anda disini.” Pemilik website e-commerce bisa juga mengirimkan email follow up untuk memastikan customer puas dengan produkmu dan mengingatkan mereka bahwa websitemu terbuka bagi kesan dan pesan.

 

3.  Sebarkan infonya.

Beri icon Call to Action yang meminta customer untuk menuliskan review baik pada materi offline marketing, website, email, atau dimanapun yang memungkinkan dan mudah dilihat.

4.  Buat menjadi mudah.

Apa gunanya menebar Call to Action dimana-mana jika customer kesulitan menulis review karena prosedur yang rumit? Jika kamu menyediakan icon yang dapat diklik menuju halaman untuk menulis review, pastikan icon tersebut benar-benar terhubung dengan baik dan memiliki landing page dengan tampilan yang menggugah keinginan customer untuk menulis.

 

Taktik manapun di atas dapat kamu terapkan bersamaan atau secara selektif sesuai kebutuhan. Namun, ada 1 pantangan dalam hal review yang tidak Pekku sarankan, yakni memalsukan review dengan meminta keluarga atau teman dekat untuk menulis review. Manfaatkan taktik mudah namun cerdas di atas untuk mengumpulkan review yang jujur secara organik.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.