Liburan dan Berbisnis Bersamaan di Akhir Tahun – bagian 1

Bulan Desember telah tiba, akan ada keceriaan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015 menanti di akhir bulan nanti. Sebagai perorangan, tentu kita ingin turut serta menikmati libur akhir tahun yang biasanya cukup panjang dan pastinya sangat istimewa karena akan melewati pergantian tahun. Namun sebagai usahawan? Masa usaha terabaikan karena libur panjang? Jangan khawatir! Simak dulu fakta terbaru ini:

  • 71% pengusaha akan memaksimalkan mobile email untuk meningkatkan penjualan di akhir tahun.
  • 49% konsumen akan mulai berbelanja sejak AWAL Bulan Desember.
  • 88% pengusaha berkirim email marketing pada hari besar nasional dengan menyisipkan promosi spesial akhir tahun.

Pekku akan bagikan 6 tips supaya kamu bisa berbisnis DAN berlibur akhir tahun!

1. Telususi kembali strategi terbaikmu di tahun 2014.

Perhatikan subject email atau konten yang paling banyak menarik minat konsumen dan gunakan itu sebagai peluru untuk mengenai sasaran tembakmu di akhir tahun. Kamu juga bisa mengamati template atau gaya penulisan email marketing yang paling disukai konsumen dan menggunakannya untuk menarik minat mereka.

2. Jadilah Santa yang baik.

Saat kamu berkoar-koar akan memberikan layanan atau bundle spesial akhir tahun, pastikan dulu bahwa usahamu benar-benar sanggup menfasilitasinya. Jika paket promo “buy 2 get 3” hanya tersedia untuk 50 konsumen, persempit sasaran email marketingmu dan prioritaskan pada konsumen yang memiliki potensi besar untuk membeli paket promo tersebut. Jika mengemail blast pada seluruh kontak dan ternyata demand lebih tinggi daripada supply, konsumenmu tentu akan kecewa dan itu bukanlah strategi yang manis untuk menutup akhir tahun kan?

 

3. Kombinasikan email marketing dan media sosial.

Email marketing memiliki kelemahan yakni tidak interaktif. Media sosial hadir untuk melengkapi kekurangan tersebut. Promosikan produk dan layanan spesial akhir tahunmu melalui keduanya dengan strategi saling melengkapi dan terhubung.

4. Berikan sentuhan personal.

Jangan mengirim email yang sama pada seluruh konsumen karena mereka memiliki preferensi masing-masing. Beremail marketinglah sesuai dengan kesukaan konsumen supaya mereka merasa diperhatikan dan lebih tertarik untuk bertransaksi denganmu.

 

5. Berikan layanan istimewa untuk moment istimewa.

Jika kamu mendapat konsumen baru, beri dia kejutan kecil istimewa sebagai ucapan selamat bergabung dan terima kasih. Bisa dengan memberikan kupon diskon atau fasilitas khusus.

6. Jangan abaikan konsumen lama.

Sebagai pengusaha tentu kamu senang jika memiliki return customer. Walau promo akhir tahun berpotensi menarik konsumen baru, namun jangan abaikan mereka yang telah jatuh hati dan setia padamu. Kamu bisa memberikan promo spesial atau layanan istimewa pula bagi konsumen lamamu dan akan lebih baik jika bentuknya berbeda dengan promo atau layanan untuk konsumen baru supaya terasa makin istimewa.

 

Tips dari Pekku bukan hanya 6 yang di atas saja karena kami punya total SELUSIN tips supaya kamu bisa multitasking bisnis+liburan di akhir tahun. Simak terus Blog dan Media Sosial Pekku di Facebook dan Twitter untuk 6 tips lainnya. Salam sukses selalu!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.