Liburan dan Berbisnis Bersamaan di Akhir Tahun – bagian 2

Kemarin Pekku berjanji akan membagikan kelanjutan tips supaya email marketingmu siap menyambut liburan akhir tahun. Hari ini, Pekku akan memenuhi janji itu supaya bisnismu tidak redup walau ditengah gelombang euphoria Natal dan Tahun Baru.

1. Approval = delivery.

Konsumen berhak memberikan ataupun menarik kembali ijin bagimu untuk berkirim email marketing. Jika konsumen berkata “Ya”, kirimlah. Namun, jika jawabannya “Tidak”, jangan paksakan. Hormatilah keinginan konsumen untuk berhenti berlangganan email marketing.

2. Dikirim supaya sampai.

Jangan sampai email darimu berakhir sebagai spam, maka aturlah pengiriman email marketingmu. Bisa dengan menggunakan IP address baru atau mengirim ulang email jika memang diperlukan.

 

3. Respon dengan bijak.

Mood konsumen tidak selalu baik. Jika suatu saat email marketingmu mendapat respon negatif dari konsumen, sikapilah dengan bijak. Persiapkan email permohonan maaf atau strategi penanggulangan kiris manakala sang konsumen merespon keras maksud baikmu.

4. Pelajari sasaran.

Sempatkan waktu untuk mempelajari keinginan konsumen dari apa yang mereka lakukan dengan website atau media sosialmu. Kirimkan email dengan konten yang sesuai pada waktu yang sekiranya tepat. Jika konsumen A suka menjelajah kategori “Novel” dan mengklik “Klasik” pada filter websitemu, kirimkan email padanya bahwa stok “Pride and Prejudice” karya Jane Austen telah tersedia.

 

5. Kirim dan pantau.

Jangan hanya mengirim lalu duduk manis menunggu konsumen melakukan transaksi. Disela-sela menunggu kamu bisa melihat tracking email marketingmu, seperti revenue, transaction rates, dan clickthrough rates.

6. Manfaatkan akhir pekan.

Jam kerja di Indonesia biasanya adalah Senin-Jumat, jikalau Sabtu juga terhitung hari kerja biasanya hanya setengah hari. Manfaatkan waktu luang konsumen di akhir pekan untuk mengirim email marketing padanya. Jika konsumen punya waktu luang untuk bersantai, email darimu akan semakin besar kemungkinan untuk dibuka dan dibaca.

 

Lengkap sudah selusin tips supaya kamu bisa tetap berlibur sekaligus berbisnis menjelang akhir tahun. Semoga tips dari Pekku bisa berguna. Salam sukses!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.