Manfaatkan Packaging Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Packaging dapat dibuat dengan ragam variasi yang mampu menciptakan pengalaman berbelanja yang berbeda sehingga pelanggan termotivasi untuk melakukan pembelian lagi di kemudian hari. Selain menarik dan membuat produkmu berbeda dari produk bisnis sejenis lainnya, packaging juga merupakan langkah efektif dan efisien untuk strategi pemasaran. Berikut ini merupakan contoh packaging popular yang mungkin dapat memberikan ide untuk meningkatkan loyalitas pelanggan perusahaanmu.

 

Menyisipkan Penawaran Diskon

Memberikan penawaran diskon merupakan strategi pemasaran yang biasa dilakukan oleh para pelaku bisnis, namun penawaran diskon umumnya dikirimkan melalui email. Dengan menyisipkan penawaran diskon pada packaging produk bisnismu, maka pelanggan akan lebih mudah mengingat penawaran tersebut dan tertarik untuk kembali berbelanja di toko onlinemu. Pastikan kamu telah menentukan promosi yang menarik misalnya berupa gratis biaya pengiriman.

Kamu dapat mencetak penawaran diskon ini pada kertas seukuran kartu nama. Gunakan warna yang mencolok sehingga dengan mudah mencuri perhatian pelanggan ketika membuka packaging produkmu. Tuliskan secara jelas penawaran diskon yang diberikan berikut dengan syarat dan ketentuannya agar pelanggan tidak mengalami kesulitan untuk memahami penawaran diskon tersebut.

 

Memberikan Contoh Produk

Buat kamu pelaku bisnis online yang bergerak dalam bidang makanan ataupun kecantikan, mungkin bisa mencoba salah satu langkah memanfaatkan packaging dengan memberikan contoh produk secara cuma-cuma alias gratis kepada pelanggan. Ini merupakan cara terbaik untuk memperkenalkan produk baru yang belum populer sehingga menimbulkan rasa penasaran agar pelanggan tertarik mencobanya. Misalnya dengan memberikan contoh produk keripik dengan varian rasa terbaru, yang belum dijual secara resmi dan hanya beberapa pelanggan terpilih saja yang bisa mencicipi produk terbaru tersebut.

 

Permintaan Ulasan Produk di Media Sosial

Packaging merupakan representasi dari siklus transaksi bagi sebagian besar pelanggan. Kamu pun dapat menyisipkan permintaan ulasan produk dari para pelanggan di media sosial yang disediakan oleh bisnis onlinemu dengan menampilkan foto dari packaging produkmu. Pastikan kamu menggunakan kalimat menarik dan jauh dari kesan memaksa agar pelanggan dapat dengan senang hati memberikan ulasan atau berbagi pengalaman berbelanja denganmu.

 

Menambahkan Hadiah Kecil

Hadiah kecil merupakan kejutan yang menyenangkan untuk pelanggan yang dapat kamu sisipkan di dalam packaging produk bisnismu. Tidak perlu memberikan hadiah yang mewah maupun mahal, cukup tambahkan hadiah kecil seperti stiker yang khas dengan brandmu atau hal lainnya yang menyenangkan. Dengan demikian, hal ini dapat diterima pelanggan dengan senang hati dan akan dibicarakan di media sosial bahkan forum bisnis. Semakin banyak pelanggan yang membicarakan produk bisnismu, maka orang lain pun akan tertarik untuk menjadi pelanggan baru.

 

Selamat mencoba ya Pekku Goers!

 

Tips Pekku:

Packaging adalah cara pengemasan produk yang dilakukan pelaku bisnis untuk menarik perhatian pelanggan. Berkreasilah dengan packaging dari produkmu semaksimal mungkin untuk meningkatkan loyalitas pelangganmu melalui tips di atas. Pekku Goes juga dapat melihat beberapa referensi menarik mengenai desain packaging yang dapat ‘dimainkan’ oleh konsumen untuk menambah nilai produkmu.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.