Mau Bisnismu Tetap Eksis? Lirik Tren Marketing Online di 2016

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini strategi marketing terus bertumbuh untuk dapat mengakomodasi kebutuhan dan keinginan konsumen. Perkembangan di dunia teknologi, khususnya media sosial, memberikan alternatif baru bagi para pemasar untuk mencapai target konsumen mereka.

Pertumbuhan dan perkembangan yang ada tersebut juga memacu dunia marketing untuk selalu mengikuti tren yang ada dan menciptakan strategi-strategi baru yang inovatif dan dapat diterima oleh konsumen. Di tahun 2016 ini, tren marketing diprediksi akan berkembang pesat di segmen digital karena adanya peningkatan penggunaan teknologi di kalangan masyarakat.

 

Apa saja tren marketing online yang harus kamu ketahui sebagai pebisnis agar tetap eksis?

 

Video Marketing

Penggunaan piranti teknologi pintar yang semakin meluas sangat mempermudah para pemasar dalam mencapai target konsumennya. Saat ini, konsumen tidak lagi tertarik dengan iklan konvensional yang disiarkan melalui televisi dan radio namun lebih senang dengan suguhan video marketing yang memiliki alur cerita. Video marketing yang memiliki nilai emosional dan alur cerita menarik akan lebih mudah diterima dan bahkan diingat oleh konsumen.

 

Beriklan di Media Sosial

Media sosial saat ini sudah menjadi bagian dari kebutuhan sosial masyarakat di segala umur dan dari berbagai latar belakang. Penggunaan media sosial yang sangat tinggi ini terus dimanfaatkan oleh para pemasar untuk dapat mencapai konsumen yang diinginkan. Hal ini juga didukung oleh platform penyedia media sosial dengan menghadirkan fitur khusus untuk beriklan seperti Instagram Ads dan Facebook Ads. Beriklan kini menjadi semakin mudah dan tidak lagi membutuhkan biaya besar.

 

Content Marketing

Tidak hanya beriklan di media sosial, saat ini pemasar juga dituntut untuk mengembangkan strategi mereka ke arah content marketing. Content marketing merupakan bagian dari strategi marketing yang pendekatannya diarahkan untuk membuat dan mendistribusikan konten yang relevan, konsisten, dan bernilai bagi konsumen. Tujuan dari content marketing ini tentunya untuk menarik konsumen baru dan mendorong mereka untuk melakukan tindakan tertentu sesuai dengan keinginan pemasar.

 

Penggunaan Pay Per Click (PPC) yang Lebih Personal

Sebagian pemasar telah memiliki daftar kontak dari target konsumen yang ingin dicapai. Untuk itu, Google menyediakan fitur Customer Match untuk memudahkan para pemasar mengunggah daftar kontak tersebut dan mencapai mereka melalui mesin pencarian dengan kata kunci tertentu yag berbayar (PPC). Fitur ini juga dapat ditemukan pada Facebook dan Twitter. Penggunaan PPC yang lebih personal melalui daftar kontak yang telah diunggah tersebut dapat menyasar target dengan tepat. Tentunya, PPC akan membutuhkan biaya yang lebih dan tidak akan berjalan dengan maksimal bila strategi kata kunci yang diberikan tidak tepat.

 

Mobile Application

Konsumen yang memiliki mobilitas tinggi akan lebih tertarik dengan adanya mobile application. Sebagian situs e-commerce kini telah memiliki mobile application untuk memudahkan konsumen mereka dalam bertransaksi. Beberapa situs lainnya memanfaatkan mobile application seperti email marketing yang dapat membantu konsumen mengetahui informasi mengenai produk terbaru.

 

Bagaimana denganmu? Adakah dari langkah di atas yang sudah kamu lakukan?

 

Tips Pekku:

Di dalam dunia marketing saat ini yang terpenting adalah bagaimana mengintegrasikan media pemasaran yang beragam tersebut untuk mencapai konsumen dengan tepat dan cepat. Perlu kalian ketahui, saat ini konsumen memiliki berbagai pertimbangan yang cukup kompleks ketika melakukan transaksi. Jika kalian dapat menyasar target konsumen dengan tepat melalui strategi marketing yang terintergrasi dengan baik, maka semakin besar kemungkinan konsumen tersebut  untuk melakukan transaksi.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.