Mau Sukses dalam Berbisnis? Aturlah Keuanganmu dengan 4 Tips Berikut Ini.

 

Apakah Pekku Goers pernah mencoba untuk mengatur keuangan pribadimu sendiri? Tentu tidak mudah, bukan? Begitu pula dengan mengatur keuangan dalam berbisnis. Kamu harus mencatat secara detil dan rinci keuangan bisnismu dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat fatal di kemudian hari.

 

Dalam dunia bisnis, khususnya bagi Pekku Goers yang tergolong dalam pengusaha baru, tantangan terbesar adalah bagaimana cara untuk mengatur keuangan bisnismu sebaik mungkin agar dapat berkembang dan memperoleh keuntungan untuk mengembalikan modal yang telah diinvestasikan.

 

Di bawah ini adalah beberapa tips dasar dari Pekku yang dapat membantu mengatur keuangan bisnismu dengan baik:

 

1. Atur Keuntunganmu Jadi 3 Bagian

Keuntungan yang telah dipotong dengan biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk menjalankan bisnismu sebaiknya dibagi menjadi 3 bagian agar bisnismu tetap dapat berjalan dengan lancar:

 

* 1/3 untuk uang menambah modal

* 1/3 untuk uang waspada, misal terjadi pengeluaran untuk usaha yang mendadak

* 1/3 disimpan untuk jangka waktu 1 tahun dan hanya akan diambil untuk mengembangkan usaha.

 

 

2. Disiplin Saat Mengatur Keuangan

Seringkali, pebisnis pemula tidak memisahkan keuangan peribadinya dengan keuangan usaha. Hal seperti ini yang perlu diubah dan mulai membiasakan diri untuk disiplin terhadap pengaturan keuangan bisnismu. Jika kamu adalah pemilik sekaligus pekerja dalam bisnis pribadimu, berikan upah pada dirimu sendiri seperti kamu memberikan gaji kepada orang lain. Hindari penggunaan laba hasil berbisnismu untuk kepentingan peribadi. Jika masih merasa kurang, maka kamu harus membuat strategi agar penjualan meningkat atau mencari tambahan pendapatan di luar bisnismu tersebut.

 

 

3. Melibatkan pihak ketiga

Apabila kamu tidak yakin dapat mengelola keuangan usahamu dengan bijak, kamu dapat melibatkan pihak ketiga yang memiliki keahlian khusus dalam mengatur keuangan usaha. Namun bila kamu telah melibatkan pihak ketiga, tetap pastikan jika keuangan bisnismu masih di dalam pengawasanmu. Penggunaan pihak ketiga juga dapat mengurangi resiko kesalahan yang dapat terjadi dan mengurangi waktu pengerjaan yang terlalu lama.

 

 

4. Perhatikan pengeluaran bisnismu

Sesibuk apapun Pekku Goers dalam menjalankan usahamu, jangan lupakan pada biaya operasional yang harus dikeluarkan tiap bulan. Usahakan kamu selalu mencatat segala biaya yang dikeluarkan untuk keperluan usahamu.

 

 

Tips Pekku: Selain mengatur keuangan, Pekku Goers harus tetap gencar melakukan promosi bisnis melalui berbagai media seperti media sosial. Jangan lupa untuk selalu menggunakan waktu luangmu untuk belajar, berpikir atau berpartisipasi untuk belajar demi mengembangkan bisnismu.

 

Sudahkah kalian mengatur pendapatan bisnis dengan baik?

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.