Melirik Bisnis Franchise: Alternatif Sumber Pendapatan yang Menguntungkan dan Bermanfaat

Pekku Goers, apakah kalian berencana menjalankan bisnis franchise? Tahun ini diperkirakan berbisnis franchise akan menjadi salah satu jenis usaha yang bertumbuh pesat. Lalu, apa saja kelebihan yang akan kamu peroleh ketika menjalankan bisnis franchise?

Kemungkinan berhasil yang lebih besar

Bila dibandingkan dengan memulai usaha dengan  nama/merek dagang sendiri yang masih baru, berbisnis franchise tentunya akan memberimu peluang untuk berhasil dan memperoleh keuntungan lebih besar karena nama brand yang lebih dikenal serta tingkat kepercayaan masyarakat yang lebih tinggi.

Kondisi usaha yang telah teroganisasi dengan baik dan stabil

Tentunya bila kamu berbisnis franchise, brand yang akan kamu bawakan telah memiliki sistem organisasi yang baik dan stabil. Dengan adanya sistem organisasi yang telah tersusun rapi dengan baik, maka kamu tidak perlu menghabiskan waktu dan biaya untuk memikirkan dan membuatnya seperti pada saat membangun bisnis baru.

Kemudahan dalam sistem pembayaran

Sistem pembayaran yang dimaksudkan adalah penyediaan pinjaman, cicilan, dan sebagainya dari bank yang telah diajak bekerjasama dengan brand yang akan kamu franchise. Tentunya dengan sistem pembayaran yang lebih ringan, keinginanmu untuk menjalankan bisnis franchise akan lebih mudah terealisasikan.

Dapat memanfaatkan produk baru yang dikembangkan oleh bagian penelitian dari pihak franchisor

Seringkali pemilik asli brand yang kamu franchise melakukan pengembangan demi meningkatkan kualitas dan tingkat kepuasan konsumen terhadap produknya. Jika kamu salah satu dari franchisee brand tersebut, tentunya kamu akan mendapatkan prioritas untuk memanfaatkan produk yang telah dikembangkan tersebut sehingga kamu dapat meningkatkan grafik penjualan.

Dapat memanfaatkan pelayanan berupa petunjuk di bidang keuangan dan manajemen dari pihak franchisor serta bantuan dalam pengambilan keputusan

Saat kamu menjalankan bisnis franchise, bukan berarti kamu usahamu akan selalu berjalan dengan aman. Halangan dan rintangan baik dari dalam dan luar pun akan selalu menghampiri bisnismu. Untuk itu, pihak franchisor akan selalu memberikan panduan bagi para franchisee mereka agar dapat menyelesaikan permasalahan dan mengambil keputusan dengan baik sambil tetap menjaga reputasi brand itu sendiri. Tenang saja, kamu tidak akan ‘ditinggal’ sendirian begitu setelah menjalankan bisnis franchise tersebut.

Turut menikmati reputasi baik dari brand franchisor

Jika brand tersebut sedang menunjukan grafik penjualan dan respon konsumen yang baik, maka secara tidak langsung reputasi yang dimiliki brand itu sendiri juga akan meningkat. Sebagai seorang franchisee, kamu akan turut menikmati peningkatan ini sehingga bisnismu akan berjalan lebih baik lagi.

Memiliki kemudahan dalam membeli persediaan untuk menghasilkan produk

Bila kamu seorang franchisee, kamu juga memiliki kemudahan untuk membeli persediaan langsung dari agen maupun distributor yang telah ditunjuk oleh franchisor sehingga tidak perlu menghabiskan tenaga, waktu, dan biaya untuk mencarinya.

Franchisee juga dapat menikmati pelatihan-pelatihan yang diperlukan dari pihak franchisor

Pihak franchisor pun juga akan melakukan pelatihan yang disediakan kepada para franchisee mereka dengan tujuan untuk mengembangkan brand mereka ke arah yang lebih baik. Sebagai franchisee, tentu pelatihan ini akan memberimu pengetahuan dan pengalaman baru. Tidak ada ruginya, bukan?

Tips PEKKU: Tahukah Pekku Goers bila kemungkinan berhasil dalam usaha franchise bisa mencapai 70 persen? Walaupun bisnis franchise terlihat sangat menggiurkan , ada beberapa hal yang tetap harus kamu perhatikan sebelum memulainya agar dapat mencapai keuntungan sesuai yang dijanjikan:

Pilihlah franchise dengan jaringan yang besar. Semakin besar jaringan yang dimiliki, maka akan semakin mudah memasarkannya karena memiliki tingkat brand awareness yang tinggi pula.

Gunakan kesempatan untuk berbisnis franchise di bidang makanan cepat saji, seperti burger, minumam cincau dan lainnya.

Pilih lokasi strategis yang sering dilalui oleh pengendara dan dikunjungi oleh masyarakat, seperti pusat perbelanjaan, dan pastikan lokasi tersebut dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi konsumen.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.