Memanjakan Customer = Menambah Teman

Menjaga hubungan komunikasi dengan customer adalah penting dan kesuksesan kita dalam berkomunikasi dengan customer akan membawa kesuksesan pada bisnis kita. Apalagi untuk bisnis jasa yang sangat perlu dijaga kepercayaan customernya. Mumpung baru Senin pertama di tahun 2015, ayo pelajari tips dari Pekku agar customer bisa terus berkomunikasi dan menjaga kepercayaan bisnis denganmu berikut ini.

1.     Customer BUKAN target penjualan.

Membangun hubungan yang baik dengan customer lebih penting dibanding menjadikan mereka target penjualan. Jika hubunganmu dan customer baik maka apapun yang kita tawarkan, mereka akan lebih membeli darimu dibanding kompetitor.

2.     Berkomunikasi dengan customer TIDAK harus selalu berjualan.

Batasi percakapan yang hanya menawarkan produk/jasamu. Ajak customer ngobrol tentang hal-hal yang memberikan manfaat untuk mereka. Percakapan yang berarti dan memberikan solusi kepada customer, membuat customer lebih percaya dan melirik untuk membeli produk/jasamu.

3.     Customer adalah sahabat.

Persahabatan yang bermanfaat akan menghasilkan kepercayaan yang tinggi. Berhubungan dengan customer sebaiknya menjadikan mereka sahabat dan teman, yang selalu ada dan setia memberikan solusi untuk mereka, bukan hanya broadcast promo produk saja.

4.     Dedikasikan telingamu.

90% komunikasi yang sehat antara produsen dengan customer terdiri dari mendengarkan apa yang mereka sampaikan, ya luangkan waktu lebih banyak untuk menjadi pndengar yang baik daripada salesman yang handal. Customer yang merasa didengar oleh pendengar yang baik cenderung lebih percaya terutama jika kamu bisa memberikan solusi bagi kebutuhan mereka.

Sesungguhnya, menjaga kesetiaan customer tidaklah sulit, hanya memerlukan konsistensi dan hati lapang yang bersedia mendengar. Tetaplah menjaga komunikasi dan utamakan emotional benefit yang bisa kamu berikan pada customermu. Namun perlu diingat, kamu bukanlah satu-satunya pemberi solusi karena customer tentu juga akan mempertimbangkan dan mencari pembanding. Selain itu, menjaga komunikasi yang terbaik juga dengan memberikan apa yang kamu janjikan. Sedikit ingkar janji kepada customer, fatal akibatnya.

Semoga tips dari Pekku barusan bermanfaat bagi perkembangan usaha dan bisnismu. Salam sukses!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.