Memberikan Layanan Customer Service Untuk Bisnismu? Ketahui Dulu Kriterianya!

Pekku Goers, memberikan layanan customer service untuk bisnismu dapat meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan pelanggan untuk menggunakan produk yang ditawarkan oleh perusahaanmu. Customer service adalah ujung tombak sebuah perusahaan dalam berinteraksi dengan pelanggan sebelum, selama, dan bahkan setelah melakukan pembelian. Akan tetapi, sebelum memberikan layanan customer service untuk bisnismu sebaiknya terlebih dulu kamu mengetahui kriteria yang harus dimiliki oleh seorang customer service.

 

Kestabilan Emosi dan Sabar

Seorang customer service haruslah memiliki kestabilan emosi sehingga dapat merespon segala macam jenis pelanggan dengan sabar. Kesabaran ini juga berguna untuk memberi dukungan pada pelanggan yang mengalami kebingungan atau keraguan ketika akan melakukan pembelian, hal ini jelas mampu meningkatkan pendapatan bisnismu, bukan? Perlu diingat bahwa kesabaran bukan berarti memberikan layanan customer service dengan lambat, sebab pelanggan terkadang ingin masalahnya segera terselesaikan sehingga membutuhkan respon yang cepat dari seorang customer service.

 

Keterampilan Komunikasi

Kriteria customer service selanjutnya adalah keterampilan komunikasi yang baik. Menjadi customer service tidak harus berbicara secara bertele-tele karena hal itu justru dapat mengganggu kenyamanan pelanggan. Yang terpenting adalah bagaimana seorang customer service mampu menerjemahkan permasalahan yang dihadapi pelanggan dan menjawab masalah tersebut secara tepat dan efektif. Gunakan kalimat-kalimat persuasif tentunya dengan nada bicara yang ramah agar pelanggan mendapatkan pelayanan terbaik dari bisnismu. Jangan terburu-buru mengakhiri pembicaraan, biasakanlah untuk mengucapkan salam serta meminta maaf apabila masalah yang dikeluhkan dianggap merugikan pelanggan.

 

Memahami Produk Bisnis Dengan Baik

Dalam meningkatkan value perusahaan di mata pelanggan, seorang customer service harus mampu memahami produk-produk bisnis yang ditawarkan dengan baik.  Customer service sebaiknya mengetahui seluk beluk suatu produk hingga bagaimana cara kerja produk tersebut. Sebaliknya, jika customer service tidak mengerti produknya, maka ia pun akan mengalami kesulitan saat membantu pelanggan yang mengalami kesulitan atau keraguan.

 

Biasakan Untuk Menggunakan Bahasa Positif

Bahasa adalah bagian yang sangat penting dalam menciptakan persepsi pelanggan terkait produk bisnis maupun value perusahaanmu. Menggunakan bahasa positif selama berinteraksi dengan pelanggan dapat mempengaruhi respon mereka terhadap pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Misalnya saja ketika barang yang diinginkan oleh pelanggan ternyata stoknya habis, sebagai customer service yang baik cobalah untuk menggunakan bahasa positif dengan menghindari pemakaian kalimat “tidak” ataupun “jangan”, seperti “Produk yang Anda butuhkan akan tersedia minggu depan, tetapi saya bisa melakukan pemesanan untuk Anda sekarang sehingga ketika stok tersedia Anda bisa dengan segera mendapatkan produk tersebut.”

 

Manajemen Waktu

Seorang customer service juga membutuhkan kemampuan manajemen waktu dengan baik. Kamu bisa memberikan layanan pada pelanggan sesuai dengan waktu yang dibutuhkan, namun ketika kamu belum menemukan jawaban untuk keluhan pelanggan, sebaiknya alihkan pelanggan pada orang yang memang benar dapat menjawab keluhannya tersebut. Jangan memaksakan diri untuk menjawab segala keluhan pelanggan, sebab hal ini justru akan membuatmu terlihat bertele-tele dan membuang waktu dengan percuma.

 

Memberikan layanan customer service dapat memberikan kepuasan tersendiri pada pelanggan, sehingga ia akan melakukan repeat order nantinya. Tak jarang pelanggan yang merasa puas juga akan mempromosikan bisnismu kepada rekan-rekannya. Jadi, memberikan layanan customer service untuk bisnismu tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, ya!

 

Tips Pekku:

Pekerjaan customer service adalah pekerjaan yang tidak mudah, sehingga ada beberapa kriteria khusus yang harus dimiliki oleh seorang customer service. Mulai dari kestabilan emosi dan sabar, kemampuan menggunakan bahasa positif, dan juga manajemen waktu. Selain itu, customer service juga harus memiliki keterampilan komunikasi dan memahami produk bisnis dengan baik.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.