Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

[Cover Blog] 47

Bisnis online sekilas memang terdengar sangat mudah, hanya dengan berhadapan dengan layar kaca anda bisa dengan mudah meraup untung hingga jutaan. Namun, apakah hal itu semudah yang anda pikirkan. Mudah memang membangun sebuah bisnis e-commerce, namun tanpa pengetahuan yang luas, jelas ini akan mubasir. Tidak hanya mubasir anda bahkan bisa dibuat bangkrut karena hal ini. Untukk itulah penting bagi anda memahami strategi marketing sebelum terjun ke dunia bisnis online.

Berikut ini akan kami berikan beberapa cara memulai bisnis online untuk para pemula agar nantinya mereka tetap bisa berkembang dengan baik di tengah persaingan bisnis online yang kini kian ketat.

  1. Mulailah bisnis online anda lewat media sosial
    Di jaman serba teknologi ini, media sosial menjadi salah satu sarana untuk mencapai konsumen. Apalagi kini beberapa media sosial melengkapi diri mereka dengan beragam fitur yang mendukung para pebisnis. Salah satu media sosial yang sangat tepat untuk meningkatkan branding saat ini yaitu Facebook. Penggunanya Facebook yang sangat banyak dengan dukungan fitur fanspage-nya membuat media sosial ini sangat cocok untuk branding produk anda.
    Tidak ketinggalan pukla Twitter. Media sosial ini meskipun tampilannya terbilang sederhana, namun keampuhannya dalam membangun branding tidak perlu diragukan.
  2. Jangan Spamming
    Penggunaan media sosial untuk promosi harus dilakukan dengan bijaksana. Jangan lakukan spamming karena hal ini bisa menyebabkan seseorang menjadi kesal dan justru strategi yang anda bangun tidak akan berhasil. Hindari men-tag seseorang yang belum kenal karena ini bisa mengganggunya. Lakukanlah promosi yang jujur dan bijakksana sehingga tidak ada yang terganggu. Yang paling penting, anda tahu target kemudian baru giring perlahan ke laman milik anda.
  3. Berikan informasi lengkap
    Informasi yang lengkap pasti sangat disukai oleh pelanggan. Mereka tidak pernah menyentuh bahkan mencobanya, untuk itu manjakan calon pelanggan dengan melengkapi informasi di setiap produk. Semisal jika produk yang anda jual adalah baju, maka lengkapi deskripsi mulai dari bahan, ukuran, panjang, harga, dll.
  4. Berikan foto yang berkualitas
    Pastikan anda memberikan tampilan foto yang cantik dan menarik. Foto dengan kualitas buruk hanya akan membuat pembeli tidak nyaman dan cenderung ragu untuk memilih. Apalagi jika foto yang ada didisplay ternyata berbeda dengan produk yang asli khususnya warna. Tentunya ini akan menjadi sebuah masalah dan bisa-bisa anda dinilai sebagai penipu. Karena hal itulah, pastikan untuk selalu memaksimalkan kualitas foto yang akan digunakan sebagai display toko online anda.
  5. Gunakan model
    Foto dengan model pastinya jauh terlihat hidup, khususnya untuk penjual pakaian. Model akan membantu pembeli untuk memperkirakan produk yang akan dipakai dengan sendirinya. Selain itu, model membuat tampilan produk terkesan lebih ekslusif.

Membangun bisnis e-commerce bisa dibilang mudah, bisa juga dibilang sulit. Tergantung darimana anda memulainya dan tergantung bagaimana cara anda menjalankannya. Karenanya maksimalkan pengetahuan anda dan seringlah mencari referensi. Semoga berhasil.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.