Mencari Ide dan Memulai Bisnis UKM

Banyak orang yang akan memulai bisnis UKM bingung untuk menentukan ide apa yang akan dijalankan sebagai bisnis. Hal ini karena beberapa faktor seperti takut gagal atau merugi. Untuk mengatasi hal tersebut ada tips-tips yang bisa kamu coba dan aplikasikan agar bisa menemukan ide bisnis yang cocok untuk dijalankan.

1. Atasi ketakutan
Ide bisnis yang terlihat sulit dan menakutkan seringkali dihindari oleh para pebisnis pemula. Bahkan tidak jarang ketakutan mereka itu akan menutup beberapa peluang bisnis yang sebenarnya cukup potensial. Untuk mengatasi kendala ini, sebaiknya atasi ketakutan anda dan menjawab ketakutan tersebut dengan cara terjun langsung di bidang usaha yang awalnya dihindari tersebut.

2. Learning by doing
Saat kamu sudah memiliki ide bisnis yang unik dan kreatif, maka jangan ragu untuk segera direalisasikan menjadi peluang usaha. Temukan kelemahan, kelebihan serta hambatan yang terjadi saat menjalankan bisnis tersebut. Dari situlah biasanya muncul ide-ide serta strategi yang tepat untuk bisnis tersebut di kemudian hari.

3. Amati – Tiru – Modifikasi
Kebanyakan para pelaku bisnis pemula terpaku pada ide bisnis original. Padahal untuk bisa mendapatkan ide bisnis kreatif, mereka bisa mengamati ide bisnis yang sudah ada kemudian menirunya dengan menambahkan modifikasi baru agar ide tersebut menjadi lebih baik dari ide bisnis aslinya.

Itulah beberapa cara mencari ide bisnis secara kreatif yang bisa kamu coba dan gunakan. Semoga setelah ini kamu bisa memantapkan ide bisnis kamu hingga direalisasikan. Semangat ya!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.