Mengapa Bisnismu Butuh Brand Extension?

Brand extension adalah cara untuk memanfaatkan ekuitas brand terkenal dalam satu kategori untuk meluncurkan produk baru di kategori yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk memanfaatkan brand dalam memperluas bisnis yang kamu jalankan. Misalnya, brand extension yang dilakukan oleh Lifebuoy saat meluncurkan produk shampo mereka. Jika masyarakat terlebih dulu mengenal brand Lifebuoy untuk produk sabun mandi, namun ketika menemukan shampo dengan brand yang sama maka masyarakat tidak perlu meragukan kualitas produk tersebut. Ini juga merupakan keuntungan bisnis ketika kamu melakukan perluasan merek dagang atau brand extension.

Namun, jika brand extension yang dilakukan tidak tepat, maka kamu pun akan mengalami kerugian yang berujung pada asosiasi negatif masyarakat terhadap brand bisnis yang kamu ciptakan. Oleh karena itu, kamu harus memahami elemen-elemen penting yang menentukan apakah brand extension memiliki potensial yang sesuai dengan brand.

 

Relevansi

Brand extension yang kamu lakukan harus memiliki relevansi terhadap brand inti bisnismu. Jika brand inti ada dalam kategori fashion, maka ciptakan brand extension yang masih memiliki relevansi, seperti aksesori. Sama halnya ketika Excelso yang brandnya identik dengan kopi menciptakan brand extension dengan penjualan produk penggiling kopi. Brand extension yang memiliki relevansi kuat terhadap brand inti dapat meningkatkan nilai perusahaan di mata masyarakat, mitra bisnis, bahkan pesaing.

 

Kredibilitas

Kredibilitas adalah kepercayaan pelanggan terhadap kapabilitas brand inti untuk diperluas pada kategori produk lainnya. Produk dengan brand yang sudah terkenal kualitasnya sekali pun belum tentu meraih kesuksesan ketika sang pengelola bisnis melakukan brand extension. Misalnya, Samsung yang sukses dalam melakukan brand extension ke berbagai produk elektronik, dihasilkan dari kredibilitasnya sebagai brand image yaitu terdepan dalam kategori elektronik mulai dari televisi, komputer, laptop, dan smartphone. Namun, kredibilitas Samsung belum tentu akan merasakan kesuksesan yang sama apabila merambah ke industri lain seperti makanan atau fashion.

 

Transfer

Transfer merupakan persepsi kemampuan dan pengalaman sebuah brand yang dirasakan pelanggan yang kemudian ditransfer kepada brand extension. Misalnya, keterampilan dan pengalaman Garuda Airlines Indonesia dapat dialihkan ke jasa pengiriman dalam dan luar negeri, tetapi tidak dapat dialihkan ke jasa pembuatan visa dan asuransi perjalanan. Brand extension tentunya sangat dipengaruhi oleh transfer brand inti dari perusahaanmu.

 

Semoga informasi tadi bermanfaat untuk kamu semua ya, Pekku Goers!

 

Tips Pekku:

Di dalam memperluas brand extension, Pekku Goers perlu mempersiapkan perencanaan yang matang. Tujuan dari perencanaan ini adalah sebagai strategi agar tetap dapat bersaing dengan baik di pasar dan tidak menjatuhkan brand bisnismu yang sudah dibangun. Lakukan riset sesering mungkin agar kalian memiliki referensi yang cukup dalam melakukan brand extension.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.