Mengejar Kesempatan dengan Menjadi Produktif – 1

Pernah merasa telah bekerja seharian dan di akhir hari ketika kita melihat kembali apa yang telah kita selesaikan ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi kita? Apabila Anda merasa demikian maka mungkin ada yang salah dalam cara Anda bekerja.

Tiap orang ingin menjadi produktif, namun tidak semua orang tahu bagaimana caranya. Banyak hal-hal yang bisa mengganggu fokus kita. Jangan khawatir, produktivitas adalah hal yang dapat kita latih untuk menjadi kebiasan baik.

1. Bangun Lebih Pagi

Mulailah kebiasaan untuk bangun lebih awal. Pada pagi hari otak kita masih dalam keadaan prima dan segar untuk berkutat dengan masalah yang penting dan membutuhkan pemikiran yang mendalam. Selain itu dengan bangun lebih pagi Anda memiliki waktu yang lebih panjang untuk menyelesaikan urusan Anda tanpa harus merasa terburu-buru. Isi pagi Anda dengan membaca berita atau buku karena pada pagi hari pikiran Anda akan lebih mudah untuk mencerna informasi. Banyak orang sukses seperti Ursula Burns (CEO Xerox), David Cush (CEO Virgin America), Tim Cook (CEO Apple), dan Bob Iger (CEO Disney) bangun awal dan melakukan kegiatan mereka sejak dini hari. Jangan takut merasa lelah, karena menurut penilitian bangun pagi justru membuat mood Anda lebih baik. Namun jangan lupa untuk mengimbangi hari Anda dengan tidur yang cukup.

Olahraga di pagi hari memiliki banyak manfaat

 

2. Sempatkan Waktu untuk Berolahraga

Semua orang tentu tahu bahwa olahraga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Akan tetapi tahukah Anda bahwa berolahraga di pagi hari memiliki manfaat yang jauh lebih besar lagi? Berolahraga di pagi hari akan melancarkan sirkulasi darah Anda ke seluruh bagian tubuh termasuk otak. Hal ini berarti meningkatkan kerja otak kita sehingga lebih optimal hingga penghujung hari. Olahraga di pagi hari juga membantu untuk mengontrol tekanan darah, gula darah, dan perbaikan metabolism. Keuntungan lainnya Anda akan merasa jauh lebih segar dan bahagia saat menjalani aktivitas lainnya, serta mendapatkan kualitas tidur yang jauh lebih baik. Cukup sempatkan 15 menit untuk berolahraga pada pagi hari dan Anda siap untuk menjalani hari dengan lebih bersemangat.

Sarapan bergizi

3. Sarapan dengan Porsi Imbang yang Bergizi

Sarapan mungkin bukan kegiatan yang disukai oleh banyak orang. Jika Anda bukan tipe penyuka sarapan, coba pertimbangkan kembali. Apabila seseorang hendak melakukan banyak aktifitas pada satu hari itu, tentunya harus diimbangi dengan energi yang cukup. Sarapan memastikan bahwa tubuh kita memiliki cukup energi sehingga tidak hanya tubuh namun juga pikiran kita dapat bekerja dengan baik. Sarapan juga meningkatkan konsentrasi sehingga membantu Anda untuk fokus pada pekerjaan Anda, dengan syarat sarapan Anda terdiri dari bahan-bahan bergizi dan dalam porsi sewajarnya. Makan terlalu banyak justru mengakibatkan tubuh Anda lemas dan merasa mengantuk.

4. Buat Daftar Kegiatan yang Ingin Anda Selesaikan Hari Ini, Jangan Lupa untuk Memberikan Prioritas

Membuat daftar kegiatan yang ingin Anda lakukan akan membantu Anda untuk menyimpan waktu lebih banyak. Dengan mengetahui apa saja yang akan Anda lakukan, Anda akan lebih fokus dan produktif. Anda bisa mengurutkan daftar kegiatan Anda berdasarkan prioritas karena tiap pekerjaan memiliki deadline yang berbeda. Sebagai tambahan, Anda bisa membuat daftar kegiatan Anda pada malam hari sebelum tidur untuk keesokan hari.

Tantang dirimu dengan jangka waktu

5. Tantang Dirimu untuk Menyelesaikan Tiap Tugas dengan Jangka Waktu Tertentu

Tentu Anda harus bersikap tegas pada diri sendiri. Coba tantang diri Anda dengan memberikan waktu penyelesaian dari tiap tugas, semisal menyelesaikan laporan dalam waktu 40 menit. Memang bukan hal yang mudah, tetapi hal ini akan melatih Anda untuk menjadi lebih produktif dan efisien dalam bekerja. Jangan cepat kecewa apabila awal-awal Anda tidak bisa selesai sesuai dengan target Anda, latihan dan kebiasaan akan membantu Anda untuk sampai di sana.

Lima dulu tips dari Pekku, Pekku yakin asal ada kemauan pasti Anda bisa menjadi lebih produktif.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.