Mengenal si SEO

Setelah kita membuat situs website, kita akan dihadapkan pada permasalahan bagaimana cara para pengguna internet tahu dengan keberadaan situs website yang telah kita buat. Promosi adalah salah satu cara yang biasa digunakan para pebisnis baik itu di dunia nyata maupun pada dunia maya. Dalam dunia maya atau online, para pengguna internet telah terbiasa untuk menggunakan mesin pencarian website seperti Google, Yahoo dan sebagainya. Pada kesempatan kali ini Pekku akan membahas mengenai SEO.

SEO atau biasa disebut Search Engine Optimization, adalah salah satu cara untuk mempromosikan website kamu agar lebih terkenal dan dikunjungi oleh banyak pengguna. Seringkali SEO juga digunakan untuk meningkatkan volume dan kualitas traffic kunjungan melalui mesin pencari menuju situs website tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs website pada posisi teratas atau setidaknya pada halaman pertama dari hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs website yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkatkan. Dengan berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran yang berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru.

Berikut adalah beberapa tahapan yang dapat kamu terapkan sebelum terjun ke dalam dunia SEO.

1. Mempunyai Konsep Website yang Matang

Konsep adalah suatu hal yang penting dalam merancang sebuah website agar dapat bersaing dan tidak kehilangan identitas diri nantinya dalam jangka panjang. Sebaiknya konsep website yang bagus adalah yang dapat meliputi sebagai berikut:

  • Target apakah yang ingin dicapai dalam website tersebut?
  • Apakah yang ingin dijual atau ditonjolkan?
  • Siapa sajakah target audience yang ingin diraih oleh website nantinya?
  • Strategi apakah yang dapat diterapkan untuk menjaga kelangsungan website?
  • Apakah yang dapat dilakukan untuk menarik user yang berkunjung?


2. 
Tentukan Nama Website & Tagline yang Unik

Semakin unik nama dan tagline sebuah website, akan semakin mudah user untuk mengingat dan berkunjung kembali. URL website yang singkat dan gampang dihafal pun, secara tidak langsung akan mempengaruhi ranking SEO nantinya. URL website yang baik adalah sebaiknya mempunyai 1 – 4 pengucapan suku kata (contoh: Facebook,Ttwitter,Kaskus, Pekku, dsb).


3. 
Pikirkan Keyword serta Deskripsi yang Mewakili Situs Kamu

Keyword atau kata kunci adalah serangkaian kata-kata yang kiranya akan diketikkan user pada Search Engine. Pentingnya keyword yang akan kamu masukkan ini nantinya akan berpengaruh pada hasil yang dikeluarkan oleh Search Engine tersebut, oleh karena itu dalam memasukkan keyword ini, kamu harus benar-benar melakukan riset pasar terlebih dahulu agar dapat bersaing dengan website lainnya yang sejenis. Kamu dapat menggunakan tools online yang sudah tersedia untuk melakukan riset pasar. Perlu diperhatikan juga keyword yang kamu masukkan harus konsisten dengan website yang kamu miliki karena apabila tidak demikian, maka keyword kamu akan terdaftar sebagai spam pada Search Engine tertentu, dan kemungkinan terburuknya, rating website kamu akan berada pada posisi terakhir.
4. Penulisan Artikel dan Konten Pada Website

Kaya akan bahasa serta konsistensi antara judul, isi, keywords dan deskripsi, pada sebuah artikel dalam website, memberikan peran utama dalam SEO. Semakin banyak pemakaian bahasa yang tidak berulang-ulang, akan memudahkan pengguna Search Engine nantinya dalam mencari website Anda.


Demikian beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mempersiapkan SEO websitemu dengan baik. Yuk segera ke www.pekku.com dan terapkan 4 langkah baru ini.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.