Mengenal Tren “Flatlay” di Media Sosial

Flatlay adalah foto yang diambil dengan objek yang sengaja ditata di atas permukaan datar. Belakangan teknik fotografi satu ini menjadi tren di media sosial, utamanya Instagram. Flatlay biasanya digunakan untuk memotret baju, sepatu, aksesoris, kosmetik, hingga makanan. Nah, buat kamu yang ingin mengenal tren flatlay di media sosial, yuk simak baik-baik artikel ini. Ada beberapa trik yang dapat kamu manfaatkan untuk membuat hasil foto yang lebih menarik.

 

Tentukan Tema

Hal pertama yang harus diperhatikan saat kamu hendak membuat foto dengan gaya flatlay adalah menentukan tema untuk fotomu tersebut, hal ini bertujuan agar objek yang ingin ditunjukkan lebih fokus. Tema juga akan menentukan aksesoris pendukung apa yang sesuai untuk dijadikan sebagai objek tambahan pada fotomu nanti. Pastikan juga kalau semua benda yang ingin kamu foto memiliki warna yang serasi.

 

Sesuaikan Background

Pada saat membuat foto flatlay, pemilihan background juga memiliki peranan yang sangat penting. Tren flatlay di media sosial biasanya menggunakan background berwarna putih atau meja kayu. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk membuat foto flatlay dengan menggunakan background yang memiliki motif bata, floral, ataupun vintage. Sesuaikan background agar tidak mengganggu komposisi benda yang akan difoto.

 

Atur Pencahayaan Foto

Pekku Goers, foto flatlay biasanya selalu tampak cemerlang dan dapat dengan mudah menarik perhatian orang lain. Oleh karena itu, ada baiknya kamu pun harus memperhatikan pencahayaan ketika hendak memotret sebuah objek. Ada baiknya untuk mengetahui arah cahaya datang dan posisi saat foto, sehingga bayangan tubuh atau kameramu tidak menutupi objek.

 

Perhatikan Proporsional

Tidak perlu harus les fotografi terlebih dahulu untuk menghasilkan foto flatlay yang eye-catching. Kamu hanya perlu menata objek sedemikian rupa sehingga perbandingan ukuran, bentuk, hingga warna antara satu barang dengan barang lainnya bisa proporsional. Apabila kamu akan menggunakan aksesoris tambahan seperti bunga atau manik-manik, letakkan secara tak beraturan agar lebih terlihat natural.

 

Lakukan Editing Sewajarnya

Saat ini ada banyak fasilitas editing foto yang dapat kamu manfaatkan baik online maupun offline, namun lakukanlah editing sewajarnya pada foto flatlay. Hal ini bertujuan agar tidak mengurangi nilai estetika dari foto tersebut. Gunakan kreativitasmu dengan maksimal agar foto flatlay yang kamu hasilkan berbeda dari foto-foto yang sudah pernah ada.

Tertarik mencoba tren foto flatlay di media sosialmu? Semoga tips-tips tadi dapat membantu kamu ya, Pekku Goers.

 

Tips Pekku:

Foto flatlay dapat dihasilkan dengan cara yang cukup mudah. Kamu hanya perlu menentukan tema, memilih background, dan mengatur pencahayaan foto. Untuk mendapatkan foto yang lebih sempurna, kamu pun perlu memperhatikan porposional objek dan melakukan editing sewajarnya agar tidak mengurangi nilai estetika dari foto flatlay itu sendiri.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.