“Menghargai” Nilai Jual Produkmu

Bagi teman-teman UKM yang memiliki produk entah yang sudah berada di pasaran maupun baru muncul di pasaran, terkadang masih bingung dengan harga yang sudah ditentukan sebelumnya dengan mengikuti harga umum di pasaran. Harga yang kita tentukan tersebut terkadang tidak menutupi semua biaya operasional atau hanya mendapatkan untung yang sedikit dari total penjualan dengan harga jual tersebut. Menentukan harga jual dengan mengikuti harga umum di pasaran atau mengira-ngira bukan strategi yang dianjurkan untuk “menghargai” produk yang sedang kamu kembangkan. Tekor donk? Berikut akan Pekku ajarkan strateginya supaya kamu tidak tekor dalam berbisnis.

 

PERTAMA, lakukan penghitungan dari pembelian awal bahan baku produk. Dari kegiatan pembelian tersebut akan muncul biaya angkut barang, biaya pengemasan, dan biaya lain yang masih berhubungan dengan pembelian produk.

KEDUA, jika sudah diketahui semua total biaya yang dikeluarkan, untuk menentukan harga pokok penjualan per unit, kamu tinggal menghitung dari total biaya tersebut dibagi dengan berapa unit produk yang dihasilkan setelah selesai proses produksi.

KETIGA, setelah tahu berapa besar harga pokok penjualannya, baru bisa ditentukan nilai harga jual kepada pasar. Dengan penghitungan seperti itu diharapkan teman-teman pelaku UKM bisa secara tepat mengetahui semua biaya yang muncul untuk keakuratan penentuan harga jual.

 

Kalau ingin tips yang mudah, kamu bisa menentukan besarnya margin dengan tujuan bisa menutup semua biaya operasional namun tidak terlalu jauh dari harga pasar atau dengan mengikuti harga umum pasar. Apabila dengan menentukan margin sudah cukup mempengaruhi harga jual produkmu dipasar, mungkin jauh lebih murah dibanding produk sejenis, disitu kamu bisa mendapatkan value atas produkmu dibandingkan yang lain. Hal ini bisa kamu lakukan setelah melakukan survey pasar. Lakukanlah pula pencatatan dan penghitungan harga pokok penjualan secara periodik sebagai salah satu strategi harga atas produkmu.

Semoga tips dari Pekku barusan bisa berguna dan mendatangkan keuntungan bagimu. Salam sukses!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.