Mengoptimalkan UX untuk Peningkatan Trafik di Websitemu

Pekku Goers, bila berbicara mengenai sebuah website yang baik, user experience (UX) merupakan salah satu unsur yang perlu diperhatikan dalam mendesain. User experience sangat berhubungan dengan pengalaman pengguna atau pengunjung ketika melakukan browsing dalam sebuah website. Pengalaman tersebut dapat terbentuk baik dari kemudahan penggunaan, seberapa cepat waktu tunggu yang diperlukan, dan seberapa kecil kesalahan yang mungkin terjadi pada saat pengguna melakukan tindakan tertentu dalam sebuah website. Semakin baik pengalaman yang diperoleh pengunjung saat melakukan browsing, maka akan semakin besar pula kemungkinan pengunjung tersebut untuk kembali ke websitemu. Akhirnya, jika banyak pengunjung yang melakukan kunjungan kembali ke websitemu, trafik halaman situsmu pun juga akan mengalami peningkatan yang signifikan.

 

Seperti apa cara mengoptimalkan user experience (UX) di websitemu?

 

Sebelum memulainya, bagi Pekku Goers belum memahami apa yang dimaksud dengan user experience (UX), yuk pelajari dulu di link berikut ini:

 

User Interface (UI) Vs. User Experience (UX)

 

Utamakan Fungsi di atas Estetika

Website yang baik akan menampilkan beberapa fungsinya dengan didukung oleh estetika yang indah. Fungsi sebuah website dimulai dari alur kerja hingga proses standar yang harus dilewati dari setiap tindakan yang dilakukan pengunjung. Sebagai contoh, alur kerja sebuah website e-commerce akan diawali dari halaman home, lalu pengunjung dapat memilih kategori produk yang diinginkan dari menu kategori, dan kemudian masuk ke halaman produk. Setelah itu, pengunjung yang akan melakukan pembelian pada suatu produk tertentu akan terlebih dulu melewati proses standar seperti membuat akun pribadi pada website tersebut, mengisi form registrasi, melakukan pembayaran, dan diakhiri dengan pengiriman email berisi konfirmasi terhadap proses pembelian yang telah dilakukan.

Alur kerja dan proses standar yang harus dilewati itulah yang harus dapat dirasakan oleh pengunjung sehingga mereka memiliki pengalaman browsing dan bertransaksi dengan nyaman dan aman melalui website tersebut. Pemberian fungsi yang sederhana dan mudah sebaiknya juga didukung oleh estetika yang baik pula. Semakin baik pengalaman yang dirasakan oleh pengunjung, maka akan semakin besar pula trafik website tersebut.

 

Prioritaskan Kemudahan Pengunjung dalam Mengakses

Setiap website yang dibangun memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda. Namun, di dalam user experience (UX), fungsi utama dari sebuah website adalah tujuan utama dari website itu dibangun. YouTube adalah salah satu website dengan user experience yang mengutamakan kenyamanan pengunjung. Tujuan dari halaman YouTube adalah untuk menyuguhkan video dari berbagai kategori saluran seperti film dan hiburan, musik, komedi, game, dan sebagainya kepada pengunjungnya. Oleh karena itu, halaman YouTube menyajikan fungsi yang dapat digunakan oleh pengunjung yang akan melihat kumpulan video dengan beberapa gambar pada tampilan awal  sebagai teaser  sehingga memudahkan mereka untuk mendapatkan informasi awal mengenai video tersebut. 

 

Berikan Pemahaman Singkat bagi Pengunjung

Bagi pengunjung baru, adanya informasi singkat, padat, dan jelas yang dapat membantu mereka untuk memahami tindakan seperti apa yang harus dilakukan akan sangat membantu. Kalian tidak perlu mencantumkan halaman khusus untuk memberikan informasi ini karena justru akan membuat pengunjungmu kehilangan minatnya. Informasi singkat ini dapat berupa teks ‘write your email here’ pada kotak subscribe newsletter maupun ‘enter your username or email address’ pada kotak log in di halaman websitemu. Jangan biarkan pengunjung websitemu merasa ragu hingga kebingungan karena tidak tahu apa yang harus dilakukan dan akhirnya membuat mereka menutup halaman websitemu.

 

Bagaimana dengan website kalian, Pekku Goers? Sudahkah mengutamakan unsur user experience (UX) di dalamnya?

 

Tips Pekku:

Fungsi dan tujuan dari sebuah website sebaiknya juga memperhatikan latar belakang trafik, seperti jenis kelamin, umur, tingkat pendidikan dan pengetahuan, tingkat ekonomi, dan sebagainya. Dengan memperhatikan latar belakang trafik, website tersebut akan memiliki hubungan dan relevansi serta dapat digunakan dengan baik oleh pengunjung.

 

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.