Mengoptimasi Database WordPress Untuk Meringankan Loading Website

Pekku Goers, database merupakan salah satu factor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya sebuah website untuk diakses oleh para pengguna internet. Untuk memaksimalkan kinerja website bisnis yang kamu bangun, ada baiknya jika penggunaan database dilakukan secara optimal sehingga loading website pun dapat berjalan lebih cepat. Nah, berikut ini merupakan langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengoptimasi database yang ada pada WordPress.

 

Cek Database Website

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk mengoptimasi database wordpress adalah dengan mengecek database yang tersedia. Kamu dapat menggunakan phpmyadmin dengan masuk ke panel domain kemudian memilih menu phpmyadmin. Dengan demikian maka seluruh tabel yang terdapat pada database wordpress website bisnismu akan terlihat. Database website juga memiliki fragment yang tidak teratur sehingga menghabiskan memori lebih banyak untuk diakses dan berakibat loading websitemu menjadi lebih berat. Sayangnya, proses mengecek database website ini menghabiskan cukup banyak waktu.

Memilih Plugin Dengan Bijak

Setiap plugin yang digunakan akan selalu menambah tabel dalam database wordpress yang kamu gunakan. Ada baiknya kamu memilih plugin dengan bijak. Pilihlah plugin yang memang benar-benar dibutuhkan oleh website, semakin banyak fungsi dari plugin akan semakin memperlambat kinerja websitemu. Kamu dapat menggunakan plugin P3 Profiler yang dapat mengidentifikasi jenis plugin yang memperlambat loading websitemu.

 

Gunakan Plugin Optimize Database

WordPress menyediakan plugin yang dapat kamu gunakan untuk mengoptimasi database demi meringankan loading website. Salah satunya adalah dengan menggunakan WP Optimize yang banyak direkomendasikan oleh para website developer. WP Optimze mampu menghapus isi database yang tidak diperlukan lagi seperti revisi, komentar spam, dan lainnya.

 

Meminimalisir Kode

Dalam mengoptimasi database wordpress, kamu pun harus meminimkan kode yang digunakan pada sebuah website. Kamu dapat menggunakan Gzip seperti yang telah direkomendasikan oleh Google untuk mengkompres ukuran file websitemu hingga 70%. Apabila pada website bisnis yang kamu kelola tidak menggunakan Gzip, cobalah untuk menggunakan W3 Total Cache dan WP HTTP Compression untuk mempercepat loading website.

 

Memilih Gambar Berukuran Kecil

Semakin banyak gambar yang digunakan pada suatu website, maka akan semakin lama pula waktu loading yang dibutuhkan. Hal ini berarti untuk mengoptimasi database wordpress kamu harus selektif memilih gambar yang akan diletakkan pada halaman website. Gunakan gambar dengan kapasitas kecil sehingga tidak membuat kinerja websitemu melambat.

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan, hal-hal apa saja yang dapat dilakukan untuk mengoptimasi database wordpress untuk meringankan loading website. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam melakukan optimisasi database wordpress ya, Pekku Goers.

 

Tips Pekku:

Mengoptimasi database wordpress untuk meringankan loading website dapat dilakukan melalui lima langkah mudah seperti melakukan pengecekan pada database website, bersikap bijak dalam memilih plugin, serta menggunakan plugin optimize database untuk meringankan loading website. Selain itu, meminimalisirkan kode yang dipakai dan kapasitas gambar yang digunakan juga dapat membantumu dalam mengoptimisasi database wordpress.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Satu Komentar

Tulis komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.