Mengubah yang Negatif menjadi Positif

70% konsumen mengakui bahwa mereka mengecek review online sebelum mereka melakukan pembelian secara online. Jadi jangan heran kalau kita sering menemukan pelaku UKM memposting testimoni customer di Instagram atau Facebook karena itulah usaha mereka untuk meyakinkan kita bahwa produk mereka berkualitas. Bahkan jika kamu mendapat review NEGATIF pun, kamu masih memiliki keuntungan yakni menjadikan profile bisnismu semakin nyata dan jujur, tidak dibuat-buat.

 

Menghadapi review negatif bukan dengan menghapus atau menyembunyikannya, tapi bisa ditangani secara bijak seperti 4 strategi berikut ini:

  1. Hubungi customer tersebut secara langsung. Tampung seluruh informasi lalu respon secara profesional setelah menilai fakta di lapangan. Dengan menghubungi customer secara langsung bahkan lengkap dengan tanggapan akan ketidakpuasan mereka membuat customer merasa review mreka dihargai. Tidak menutup kemungkinan mereka akan bersedia mereview ulang berkat respon profesionalmu.
  2. Tawarkan kompensasi seperti kupon gratis atau layanan spesial. Lalu mintalah kesediaan customer untuk mereview ulang. Jika customer merasa keluhannya diperhatikan, mereka akan berbaik hati dengan menulis review yang lebih netral.
  3. Lipatgandakan usahamu dalam mengejar review customer. Kejarlah sebelum lewat seminggu dari tanggal transaksi, terutama bagi customer yang puas akan produk akan jasamu karena mereka berpotensi menulis review positif.
  4. Beri customer pilihan untuk mereview langsung di websitemu. Terkadang calon customer yang skeptis merasa testimoni melalui media sosial yang di screenshot sudah mengalami editing sehingga tidak kredibel lagi. Namun, saat mereka bisa menulis secara langsung di websitemu, customer akan lebih percaya pada kredibilitasmu dan berpotensi sebagai returning customer.

 

Dengan strategi cerdas, review negatif pun bisa diubah menjadi lebih positif dan berguna bagi usahamu. Setelah tahu tipsnya, jangan takut lagi pada review negatif ya.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.