Menjadi Pemimpin yang Baik, Tidak Harus Menjadi Seorang CEO

[IG] 18Beberapa orang menganggap bahwa seorang pemimpin yang baik adalah seorang CEO, dan seorang CEO bagi mereka pasti mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik. Hal tersebut memang benar namun tidak sepenuhnya benar. Tidak perlu menunggu menjadi seorang CEO baru kita berlatih yang namanya kepemimpinan, namun dimanapun kita berada di level apapun, kita bisa menjadi seorang pemimpin yang baik.

Dalam kasus ini, pemimpin bukan hanya seorang CEO, setiap pekerjaan adalah pemimpin, baik memimpin orang lain ataupun memimpin diri sendiri. Maka dari itu, untuk menjadi seorang pemimpin yang baik tidak harus menjadi seorang CEO terlebih dahulu. Dalam entrepreneur memang menjadi pemimpin yang baik adalah syarat wajib. Nah, ini dia 10 ciri pemimpin yang baik.

  1. Transparansi
    Hindari meremehkan hal kecil dalam berbisnis. Jadilah seorang pemimpin yang terbuka dan transparan terhadap apapun yang terjadi. Pastikan tidak ada rumor yang membingungkan para karyawan anda. Jelaskan meskipun itu cuma permasalahan kecil. Ingat, masalah kecil jika diabaikan lama-kelamaan akan menjadi masalah besar.
  2. Terus belajar
    Seorang pemimpin yang baik adalah rujukan dari segala apapun yang berkaitan dengan kelangsungan usaha anda. Ketika ada seorang karyawan yang tidak paham mengenai sesuatu hal, mereka akan bertanya kepada anda. Nah, inilah alasan kenapa untuk seorang pemimpin yang baik tidak boleh berhenti untuk belajar.
  3. Tetaplah humoris
    Seorang pemimpin yang baik selalu mempunyai sense of humor nya, begitu pula dengan anda. Jangan pernah menghilangkannya karena ini bisa menjadi sarana untuk merekatkan hubungan antara anda dan juga karyawan.
  4. Kreatifitas
    Dalam pekerjaan kreatif adalah nilai plus yang akan membuat sebuah usaha berkembang. Pemimpin yang baik dan kreatif akan selalu tahu cara yang baik untuk menyelesaikan masalah. Nah, selain itu sebagai seorang pemimpin yang baik, cobalah juga untuk bertanya kepada karyawan anda sebagai bahan saran dan kritik untuk membangun bisnis yang anda punyai.
  5. Intuisi
    Seorang pemimpin yang baik dengan intuisi yang baik pasti akan mempunyai kecepatan yang berbeda dalam mengambil sebuah keputusan. Intuisi akan membuat sebuah perasaan positif yang membuat anda terus bertanggung jawab atas apa yang sudah anda putuskan.
  6. Rela dan percaya
    Seorang pemimpin pada awal mulanya pasti akan merasakan ragu dan tidak percaya untuk memberikan pekerjaan terhadap seorang yang baru karena takut pekerjaan itu tidak akan selesai atau justru malah berantakan. Pemimpin yang baik harus meniadakan perasaan seperti ini. Seorang pemimpin yang baik harus percaya kepada karyawannya sehingga karyawan juga merasa dihargai.
  7. Komunikasi
    Seorang pemimpin yang baik harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Baik dengan karyawan ataupun dengan rekan bisnis mereka. Kemampuan inilah yang nantinya akan mendekatkan hubungan kerja dan memajukan kelangsungan bisnis yang anda jalankan.

Nah, itu dia 7 ciri seorang pemimpin yang harus anda kembangkan. Jangan menunggu menjadi CEO untuk belajar. Sekarang ini, diposisi anda ini, anda adalah seorang pemimpin. Jadi, mulailah kembangkan 7 hal diatas dan jadilah seorang pemimpin yang baik.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.