Cara Menulis Artikel SEO-Friendly yang Bagus di Mata Google (I)

SEO1

Salah satu hal penting dalam bisnis dunia internet adalah SEO, termasuk konten. Optimasi ini yang menentukan tingkat peringkat website pada mesin pencari, dan inilah masalah utama dari seorang blogger.

Jika anda seorang blogger yang telah membuat banyak artikel namun blog belum juga ada pengunjung dan pembaca tidak membaca sampai selesai, ini berarti ada masalah dengan optimasi, utamanya konten. Lalu, bagaimana cara optimasi artikel dengan maksimal bahkan SEO Friendly? Itulah yang akan kita bahas pada postingan kali dan untuk lebih jelasnya simak terus artikel dibawah ini:

Lupakan SEO
                Langkah pertama jika anda benar-benar ingin mendapatkan hasil maksimal adalah dengan melupakan SEO. Di era yang serba modern ini kemajuan pola pikir masyarakat juga semakin pesat, sehingga artikel yang SEO-friendly pun tidak bisa menjadi cara ampuh untuk optimasi konten.

Perlu dipahami bahwa tujuan para pengguna internet adalah mendapatkan informasi. Sebuah artikel yang terlalu SEO-friendly terkadang mengindahkan sisi satu ini dan berakibat buruk terhadap optimasi. Netizen yang tidak cocok dengan konten/isi akan langsung berpindah ke website lainnya yang memiliki konten lebih informatif.

Dari ulasan diatas bisa dikatakan bahwa pemegang utama atau pengeksekusi adalah para netizen atau pengguna internet alias manusia bukan robot. Untuk itu, penting untuk membangun sebuah konten yang human-friendly agar mereka tertarik dan betah berada di website/blog kita. Bisa disimpulkan bahwa konten yang Human-friendly = SEO-friendly.

Mungkin yang anda kenal sebuah artikel yang SEO-friendly adalah sebuah artikel yang kontennya memenuhi persyaratan:

  1. Panjang minimal 300 hingga 500 kata
  2. Keyword density sekian persen
  3. Keyword di judul, kalimat awal, kalimat akhir dan meta description
  4. Menggunakan underline, bold dan italic di tiap keyword
  5. Dan menggunakan sub header yang berisi keyword

Jika sekarang ini anda masih terpaku dengan persyaratan diatas, maka mulai detik ini lupakanlah… Sekarang cobalah fokus kepada seberapa penting sebuah informasi yang anda berikan untuk pembaca.

Seorang penulis yang baik pasti tidak akan memikirkan masalah optimasi untuk mesin, namun lebih kepada manusia. Fokus para penulis ini lebih menekankan kepada tingkat kesukaan dari para pembaca bukan mesin semata, sehingga konten yang disajikanpun benar-benar human-friendly. Dan inilah yang mampu menjadikan sebuah konten SEO-friendly.

 

Bagaimana cara membuat konten yang Human-friendly?

Ini dia caranya:

1. Pahami karakter para pembaca
Setiap pembaca memiliki karakter yang berbeda sehingga gaya bahasa dan isi juga harus disesuaikan dengan pembaca. Semisal jika anda membuat sebuah blog “game”, maka bahasa yang digunakan harus sesuai dengan bahasa anak muda. Ini mempunyai tujuan agar konten anda lebih mudah dipahami.

2. Gunakan judul yang menarik unik
Judul sangat berpengaruh, bahkan dari 100 orang yang membaca judul artikel anda, kemungkinan hanya sekitar 20 orang yang memutuskan membaca konten artikel anda lebih lanjut. Jadi jangan asal-asalan ketika menulis judul.

Ketahui dan pahami terlebih dahulu hal-hal yang menarik yang membuat seorang calon pembaca ingin melihat dan membaca artikel anda. Coba kita lihat dalam contoh dibawah ini:

  • Tips Menurunkan Berat Badan
  • Tips Menurunkan Berat Badan dalam Seminggu
  • Tips Praktis Menurunkan Berat Badan dalam seminggu tanpa Olahraga

Menurut anda, mana yang paling ampuh? Yang pertama jelas biasa alias tidak begitu menarik perhatian. Nah, yang kedua dan ketiga ini perlu untuk dipertegas. Umumnya ketika seseorang ingin menurunkan berat badan apa yang mereka ingin cari? Itulah yang kita manfaatkan.
Seseorang yang ingin berat badannya turun cenderung lebih menyukai hal yang “praktis” dan juga “cepat” dan embel-embel inilah yang menjadi optimasi dari sebuah judul, namun usahakan jangan sepanjang judul yang ke-3. Judul yang terlalu panjang tidak terlalu efektif dan terkesan melebih-lebihkan.

3. Utamakan poin-poin penting dalam artikel
Posisikan anda sebagai seorang pembaca, pasti sebelum membaca sebuah konten dengan detail anda akan melakukan proses skimming atau scanning alias melihat poin-poin terpentingnya. Nah, jika dirasa isinya tidak menarik maka pembaca akan langsung menutupnya, padahal kita ingin pembaca betah.
Gunakan cara untuk mengakali hal ini yaitu dengan memperkecil jumlah tulisan dalam paragraph. Jika biasanya kita mendapat aturan 4 hingga 5 kalimat dalam satu paragraph, kali ini indahkan hal itu dan cobalah untuk menuliskan sekitar 4 -5 baris dalam satu paragraph. Ini akan lebih mudah untuk dibaca netizen dan juga nampak lebih ringan.
Selain itu, gunakan teknik piramida terbalik dengan komposisi :

  • Pembuka: informasi dan gambaran
  • Isi : tambahan informasi dan juga penjelasan yang lebih mendetail
  • Penutup: kesimpulan

 

Nah, itu dia 3 cara untuk optimasi konten. Yang perlu diingat, karena sebuah artikel yang human-friendly=SEO-friendly, jadi maksimalkan artikel agar konten anda benar-benar teroptimasi. Sementara itulah 3 cara untuk optimasi konten agar human-friendly, sebenarnya masih ada 4 cara lagi namun akan terlalu panjang jika dibahas disini. Kita akan membahasnya di postingan selanjutnya jadi jangan sampai terlewatkan.

 

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.