Cara Menulis Artikel SEO-Friendly yang Bagus di Mata Google (II)

SEO2

Pada postingan “Cara Menulis Artikel SEO-Friendly yang Bagus di Mata Google (I)” telah dibahas ringkas bagaimana cara optimasi sebuah konten yang ampuh, yaitu dengan optimasi secara human-friendly. Dikarenakan di jaman sekarang pembaca adalah sang eksekutor, diperlukan sebuah konten yang informative dan juga edukatif agar para pembaca betah berlama-lama di halaman web anda.

Sebuah website yang tidak mengedepankan sisi human-frendly tentunya tidak akan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Seorang pembaca akan mencapnya dan kemudian meninggalkannya karena menganggap isi dalam konten tersebut tidak bernilai. Nah, berdasarkan hal inilah di jaman sekarang ini bisa dikatakan bahwa konten yang human-friendly = SEO-friendly.

Lalu bagaimana cara membuat konten yang human-friendly? Pada postingan sebelumnya sudah ada 3 cara yang digunakan untuk membuat konten human-friendly antara lain: memahami karakter pembaca, menggunakan judul yang unik dan menarik serta penulisan konten artikel. Karena ke-3 nya telah dibahas maka kali ini kita akan langsung melanjutkan ke 4 langkah selanjutnya, antara lain:

1. Gunakan format penulisan yang enak dibaca
Sebagai seorang yang sering berselancar di dunia maya, pernahkah anda tidak jadi membaca artikel yang menarik gara-gara penataannya amburadul? Dibilang penting atau tidak, penataan tulisan termasuk hal yang perlu diperhitungkan. Seorang pembaca tidak hanya melihat  konten dari kemenarikannya namun juga mengandalkan kesan visual.
Karena hal itu, hindarilah untuk menghiasi konten dengan:

  • Huruf yang terlalu kecil
  • Menggunakan font yang terlalu abstrak alias sulit dibaca
  • Spasi yang terlalu mepet (vertical)
  • Menggunakan pewarnaan yang terlalu banyak pada teks

Sebenarnya tidak ada aturan baku, jadi jika anda ingin mengetes baik atau tidaknya konten website anda caranya mudah, yaitu dengan memposisikan diri anda sebagai pembaca.

2. Selalu melakukan riset
Seorang pembaca ingin mendapatkan informasi atau bahkan panduan yang lengkap ketika membaca artikel. Nah, ini dia yang harus anda tekankan.
Sekarang ini banyak penulis yang suka mengembangkan beberapa poin yang tidak diperlukan guna melengkapi syarat SEO. Ada pula seorang penulis yang lebih suka menuliskan hal-hal umum karena kurangnya pengetahuan dalam bahasan artikelnya.
Lalu bagaimana cara mengatasinya?
Rajinlah membaca artikel serupa dan sering-seringlah melakukan sebuah riset. Selain itu, atur komposisi konten artikel dengan menuliskan:

  • Pembukaan yang singkat
  • Isi yang detail, jelas dan mendalam
  • Penutup berupa kesimpulan ringkas

Dengan tahapan dan komposisi jelas maka dijamin pembacapun puas sehingga mesin pencaripun juga puas, karena human-friendly=SEO-friendly.

3. Periksa ejaan dan tata bahasa
Setelah melalui proses penulisan artikel, maka tahap selanjutnya adalah tahap memeriksa ejaan dan tata bahasa. Cek dengan detail baik ejaan ataupun tata bahasa karena kesalahan yang kecil bisa memberikan pencitraan tidak professional. Lalu bagaimana cara untuk memastikan konten artikel kita enak dibaca? caranya:

  • Tulis artikel dengan lengkap
  • Baca konten artikel (sebisa mungkin disuarakan)
  • Jika ada kalimat yang janggal langsung perbaiki

Sebisa mungkin hindari menulis dan mengecek artikel dalam waktu bersamaan, selain ini memperlambat penulisan, hasilnya juga tidak maksimal.

4. Optimasi dengan cara lainnya
Maksimalkan optimasi di “Meta Description”, “gambar” dan “URL”. Nah yang perlu diperhatikan adalah menghindari penempatan kata kunci berlebih dalam meta, alias cukup satu keyword utama atau ditambah dengan satu keyword LSI.
Artikel yang menarik pastinya dilengkapi dengan gambar sehingga pembaca tidak merasa bosan. Selain itu, optimasi bisa dilakukan dengan mencantumkan keyword pada gambar.

Terakhir adalah URL, umumnya banyak orang yang menggunakan URL sama dengan judul, tapi sebenarnya ini bisa dimodifikasi menjadi lebih ringkas dan pastinya maksimal. Caranya cukup mudah, cukup ubah URL awal dan modifikasi dengan komposisi URL yang tidak terlalu panjang, tanpa preposisi, dan mengandung keyword.

 

Itulah 4 cara agar konten anda benar-benar teroptimasi dengan baik. Selain menerapkan cara penulisan diatas, jangan lupa untuk mendistribusikan konten dengan menyebarkannya lewat media sosial ataupun forum.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan semoga berhasil!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.