Menumbuhkan Kreativitas di Tempat Kerja

[Cover Blog] Vector-23Melirik dunia kerja, setiap orang musti memiliki keahlian dari jalannya masing-masing. Namun bila dihadapkan pada sebuah pemikiran profesionalisme suatu pekerjaan hal yang paling jarang tersentuh oleh setiap orang adalah menumbuhkan kreativitas. Bahkan setiap tim dalam suatu perusahaan di Indonesia tidak mencapai 10%.

Misalnya saja menumbuhkan kreativitas dalam sebuah proses operasional, anda dan tim sedang menjalankan teknik problem solving. Kinerja tim anda ternyata sukses memperoleh pemecahan masalah dengan nilai yang bisa dibilang luar biasa. Suatu ketika setelah program selesai ada suatu tanda masalah yang sama akan muncul kembali.

Kemudian setelah beberapa saat masalah yang sebelumnya selesai ditangani malah muncul kembali meski dalam bentuk yang berbeda. Lambat laun anda akan merasa bahwa masalah tersebut seperti menghantui sampai terus berlipat ganda. Apakah kasus diatas seperti yang anda rasakan sekarang?

Jawaban pertama yang harus dilakukan adalah Open Your Mind.

Apa Selanjutnya?

Memecahkan masalah pada pekerjaan yangatlah bergantung pada sudut pandang yang unik dari setiap anggota. Beberapa kasus yang lain setiap orang berusaha menganggap diri mereka merasa menumbuhkan kreativitas. Tetapi sebenarnya hal ini bergantung pada pandangan setiap anggota. Sebab pengetahuan faktual untuk mendapatkan solusi sesuai dari wawasan masing-masing setiap anggota dalam tim anda.

Para pakar menyebutkan bahwa orang yang mampu menumbuhkan kreativitas pada umumnya dapat mengetahui permasalahan dengan sangat baik dan disiplin. Orang ini biasanya lebih menyimpang dari cara-cara secara tradisional atau sebagainya. Bisa dikatakan mereka memiliki kecenderungan unik dan mampu beradaptasi secara cepat.

Suatu kreatifitas tentu melibatkan apa yang ada di sekitarnya, termasuk menumbuhkan kreativitas ide baru. Terkadang kita mendapatkannya secara tidak terduga, namun termasuk relevan untuk diimplementasikan. Berikut tips menumbuhkan kreativitas untuk anda:

1. Exploring
Tahap menumbuhkan kreativitas yang pertama ini sangat penting sebagai sarana identifikasi sebuah tim dalam memecahkan suatu masalah agar diketahui apa yang sedang terjadi. Kegiaa ini sebagai sarana penunjang sebuah tim untuk bekerja dan berfikir kreatif.

2. Inventing
Tahap kedua ini akan sangat membantu perusahaan anda unuk mereview kembali mulai dari alat, teknik dan metode yang sudah dikembangkan sekarang ini. Pada tahap ini anda akan diuntungkan perkembangan perusahaan dengan pola pikir terbaru.

3. Choosing
Kinerja tim anda benar-benar dipertaruhkan dalam tahap ini, sebab dari berbagai ide yang sudah anda tetapkan perusahaan akan memilih satu ide saja untuk dieksekusi. Oleh sebab itu biasanya setiap anggota akan terlihat dasar loyalitasnya di tahap ini.

4. Implementing
Tahap menumbuhkan kreativitas yang terakhir menentukan semua yang sudah tim anda lakukan. Implementing bagi sebuah tim merupakan suatu kompetisi untuk mengimplementasikan ide dapat dikerjakan secara kreatif. Suatu ide cemerlang pun apabila cara mengimplementasikannya buruk, maka akan sia-sia saja.

Menciptakan suasana kerja yang nyaman, humoris, tenang (masalah tempat kerja sampai dengan gaji) maka termasuk menumbuhkan kreativitas tim anda. Sebaliknya bila masih menggunakan sistem tradisional militan dan masih berpusat pada pemimpin akan mendorong perusahaan anda semakin jatuh. Budayakan diri anda agar selalu membuka pikiran anda, terutama dunia kerja.

Selamat membuka pikiran anda…

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.