Pantau Perkembangan Bisnismu dengan ‘Tools’ Ini

Jika kamu mempunyai website, Pages di Facebook atau akun media sosial yang lain, kamu wajib punya tools ini untuk membantu memantau perkembangan-perkembangan website, pages dan akun media sosialmu.

Google Analytic

Secara umum, Google Analytic adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik banyak pengunjung dari website tertentu. Nah, jadi jika kamu punya website dan kamu ingin mengetahui perkembangannya, Google Anaylytic adalah tool yang cocok buat kamu. Biasanya jika kamu sudah mempunyai akun di Google+, kamu dapat langsung menggunakan tool ini. Selain itu, kamu juga dapat memantau perkembangan websitemu melalui ponsel. Ya, kamu dapat mendownload aplikasi Google Analytic di ponsel! Lalu, apa saja yang dapat dilakukan oleh Google Analytic?

1. Mengetahui asal pengunjung yang datang ke web kita
2. Memperoleh informasi yang detail mengenai karakteristik pengunjung web ( lama berkunjung, lokasi pengunjung dll.)
3. Memperoleh informasi bagaimana pengunjung berinteraksi dengan web kita
4. Mengetahui konten/produk yang paling menarik perhatian pengunjung

Twitter Analytic

Twitter adalah salah satu media yang sering digunakan untuk menjangkau banyak konsumer oleh para pemilik usaha. Twitter Analytic adalah salah satu tool yang dapat kamu gunakan untuk memantau berapa banyak orang yang merespon atau membaca Tweetmu. Melalui tool ini, kamu akan mengerti seberapa banyak dan <impression? dari Tweetmu. adalah interaksi yang terjadi terhadap tweet Anda, meliputi seluruh klik pada tweetmu, termasuk hashtag , username , expand , avatar , link , retweet , reply , follow , dan favorite . Sedangkan Impression adalah jumlah user yang melihat tweet Anda. Lalu apa saja yang dapat dilakukan oleh Twitter Analytic?

1. Mengukur kualitas sebuah Tweet
2. Mengukur efektivitas sebuah Tweet
3. Menyusun strategi yang sesuai dengan follower yang dimiliki.

Crowdbooster

Jika kamu lebih fokus untuk berinteraksi dengan orang-orang menggunakan Facebook dan Twitter, Crowdbooster adalah tool yang wajib untukmu. Tool ini akan membantu memantau aktivitas media sosial yang akunnya sudah di-submit ke dalamnya. Kamu dapat memantau track yang memuat followers dan fans baru yang mengikuti akun sosial media mu. Kamu juga bisa memantau trafik lewat dinamis ini, namun sinkronisasi antara Crowdbooster dengan Facebook dan Twitter membutuh jeda waktu yang cukup lama.

Sprout Social
Tool media sosial satu ini mirip dengan Hootsuit. Sprout social merupakan media sosial yang berfungsi sebagai monitor dan pengatur beberapa akun media sosial. Dengan user interface yang mudah dipahami, Sprout social punya 6 tabs yang terdiri dari: Home, Messages, Feeds, Publishing, Discovery dan Report. Kamu dapat menyertakan akun Google+, Twitter, LinkedIn, dan Facebook ke dalam sosial managing ini. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur jika memang diperlukan.

Tips dari Pekku : Sebagai seorang pebisbis yang bijak, kamu harus tau bahwa penggunaan tools sebagai pemantau website maupun pagemu adalah sangat penting agar kamu tau dan dapat mengikuti terus perkembangan bisnismu. Jadi apabila kamu kurang mengerti hal pengurusan akun media sosial bisnismu, bayarlah seseorang yang ahli untuk mengurus akun media sosial bisnismu. Tapi sebelum kamu menunjuk pihak mana yang kamu pilih untuk mengurus akun media sosialmu, pastikan dulu apakah mereka berpengalaman dalam pengurusan pages maupun akun media sosial yang lain.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.