Pebisnis Indonesia, Sudah Siapkah Kamu Menghadapi MEA 2016?

Pekku Goers, sudahkah kalian memahami MEA? Masyarakat Ekonomi Asean atau yang disingkat dengan MEA merupakan bentuk kerjasama antar anggota negara-negara ASEAN yang terdiri dari Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Program MEA sendiri telah diresmikan sejak 31 Desember 2015 lalu dan hal ini memicu persaingan antar negara-negara di ASEAN. Sebagai seorang pebisnis, kalian perlu menyadari bahwa MEA akan membuka kesempatan sangat besar bagi orang dan perusahaan asing yang berasal dari negara-negara ASEAN untuk bebas melakukan perdagangan, investasi, dan bisnis di Indonesia.

Sudah siapkah kamu menghadapi MEA 2016? Mulai dari keahlian soft skill dan hard skill, kalian harus benar-benar mempersiapkannya dengan matang. Bagi Pekku Goers yang ingin mulai mempersiapkan diri, berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti:

Memperkuat Kemampuan Bahasa Asing

Bahasa merupakan alat komunikasi yang utama untuk memudahkan terjadinya pertukaran informasi dari satu orang ke orang lainnya. Mempelajari bahasa asing seperti bahasa Inggris dan Mandarin tentu akan menjadi bekal yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi MEA. Jika kamu memiliki kemampuan bahasa asing yang memadai dapat dipastikan bahwa kamu tidak akan mengalami kesulitan berkomunikasi dengan orang atau perusahaan negara-negara ASEAN.

 

Meningkatkan Kemampuan Public Speaking

Memiliki kemampuan bahasa asing rupanya tidak dapat berdiri sendiri tanpa diimbangi dengan kemampuan untuk berbicara di hadapan banyak orang. Mengingat bahwa di era MEA ini kamu memiliki peluang besar untuk mengubah dunia, maka kamu pun dituntut untuk mempresentasikan rencana, ide, dan kreativitasmu kepada para klien dan juga business partner yang berasal dari mancanegara. Untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut, kemampuan public speaking akan sangat dibutuhkan. Saat ini, ada banyak jasa yang menyediakan kursus untuk melatih kemampuan public speaking dan kamu dapat memanfaatkannya dengan baik.

 

Berpikir Out of the Box

Demi bersaing dengan negara-negara ASEAN lainnya, tentu saja kemampuan akademik serta skill lainnya merupakan modal yang patut diperhitungkan dalam menghadapi MEA. Akan tetapi, kamu pun harus bisa berpikir out of the box atau berbeda dari kebanyakan orang lainnya. Hal tersebut dapat menambah value dirimu sehingga berbeda dari ribuan pesaing lain. Latih dirimu dari sekarang untuk dapat berpikir ‘lebih’ dan tinggalkan kebiasaan menjadi seorang follower.

 

Memiliki Kemampuan Leadership

Kemampuan leadership tentu tidak diajarkan pada mata pelajaran yang kamu dapatkan di sekolah. Kemampuan ini dapat dilatih dengan mengikuti secara aktif organisasi-organisasi sosial masyarakat. Jika kamu aktif berorganisasi, secara tidak langsung melatih dirimu untuk dapat memimpin dan bekerjasama dengan orang lain pada organisasi tersebut. Kemampuan ini tentu akan sangat membantumu saat terjun di dunia kerja nantinya.

 

Menjaga Profesionalisme

Sebagai seorang pebisnis, kamu juga harus bekerja secara professional yaitu dengan memperhatikan ketekunan, ketepatan serta fokus pada tugas dan tanggung jawabmu. Selain itu, kamu juga harus belajar dapat mengendalikan kelemahan sebaik mungkin agar tidak merugikan konsumen dan klien. Jika kamu menjaga profesionalitas dalam bekerja, kamu pun akan menghasilkan kinerja yang optimal dan siap menghadapi MEA 2016 ini.

 

Tips Pekku:

Mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi MEA 2016 dapat dilakukan dengan meningkatkan berbagai kemampuan. Jangan pernah ragu untuk selalu belajar kemampuan yang baru. Yuk mari sukseskan program MEA 2016 ini ya Pekku Goers!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.