Pekerjaan Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menambah Uang Jajan

Apakah saat ini kamu punya waktu luang yang cukup banyak tapi sedang menghadapi momen ‘ uang bulanan ngga cukup tapi bingung ngapain supaya punya pemasukan tambahan? ‘.

Melihat kenyataan ini, kamu yang punya waktu luang yang cukup banyak, pasti berpikir bagaimana menggunakan nya untuk berbagai hal yang berguna dalam hidup mu.

Sebagian orang akan menghabiskan waktu mereka untuk melakukan berbagai kegiatan yang sesuai dengan minat dan juga kemampuan mereka. Namun, bagi kamu yang menginginkan sesuatu yang lebih serius dan menantang, mengapa kamu tidak mencoba untuk mencari uang tambahan? Berikut adalah pekerjaan yang bisa kamu jajal demi menambah uang jajan bulanan.

1. Freelance Photographer

Bagi kamu yang punya hobi fotografi, kenapa tidak manfaatkan saja hobimu ini sebagai pekerjaan?
di era internet ini, fotografer nggak melulu mesti bergantung ke satu media untuk bisa berkarya. Tiap fotografer, termasuk kamu, punya kesempatan yang sama untuk dilirik banyak media.

Urusan jadwal foto dengan objek foto bisa diatur semua sama klien. Peralatan foto yang harus disewa pun akan dibayar semua sama klien. Bahkan, income seorang pekerja lepas selama dua hari, bisa setara dengan gaji bulanan full time fotografer.

Kamu pun tidak usah repot-repot membuat konsep fotografi atau berdiskusi dengan klien. Kamu tinggal ‘menjepret’ jalannya acara saja. Jika kamu ingin mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari hobi fotografi, kamu bisa bergabung dengan proyek yang lebih besar seperti majalah, iklan, atau media cetak. Berminat?

2. Kreatif dan memang jago desain? Manfaatkan bakatmu untuk menjadi freelance designer

Seorang graphic designer profesional bisa mendapatkan penghasilan jutaan rupiah untuk menjadi seorang freelance designer. Tapi mereka yang profesional tentunya sudah punya banyak pengalaman dan portofolio yang banyak. Bagi kamu yang masih pemula, kamu bisa menjual jasa desain grafis di beberapa marketplace.

Fee yang akan kamu dapatkan berbanding dengan tingkat kesulitan dan kerumitan desain yang akan kamu buat. Mengerjakan orderan logo brand atau orderan desain website juga bisa membuatmu makin kreatif. Tapi siapkan kopi ya, karena pekerjaan ini biasanya akan membutuhkan tenaga dan waktu ekstra yang akan membuatmu begadang.
Sebagai penyedia jasa desain grafis, peluang kerja tidak terbatas di kota tempat mu tinggal saja, kamu bisa saja dapat klien dari luar kota bahkan luar negri. Modal yang kamu butuhkan hanyalah ide kreatif dan laptop, lho.

3. Jadi guru les

Membimbing anak-anak TK, SD, SMP, SMA dalam belajar tentu bukan hal yang sulit untukmu karena kamu sudah duluan mempelajari waktu sekolah dulu kan. Sebenarnya yang kamu butuhkan hanyalah kesabaran.

Ajarkan topik yang memang familiar denganmu. Jika kamu mahasiswa DKV, berikan saja les privat khusus desain. Jika kamu adalah mahasiswa Teknik, maka kamu bisa memberi bimbingan belajar khusus pada mata pelajaran Matematika, Kimia, dan Fisika. Lumayan kan, bisa ditabung untuk modal bayarin ngedate sama gebetan.

4. Freelance writer

Menjadi seorang freelance writer merupakan sebuah kombinasi menyenangkan antara hobi dan pekerjaan. Kamu bisa mendalami serta mengasah kemampuan dalam bidang jurnalistik.
Bekerja sebagai kontributor lepas sangat mudah, kamu tinggal membuat karya sesuai rubrik di media cetak dan mengirimkannya. Kamu bisa mencari lowongannya di website.

5. Membuka online shop.

Di era digital sekarang ini, masyarakat sudah sangat terbiasa dengan transaksi online. Peluang membuka toko online pun semakin menarik untuk dicoba. Beberapa produk yang paling banyak dijualbelikan di toko online adalah pakaian, kerajinan khas daerah, tas, kaos atau produk makanan.

Ditambah lagi, bisnis toko online ini bisa dilakukan dengan menjual barang sendiri atau orang lain. Kamu tak perlu khawatir dengan modal karena modal yang perlu dipersiapkan juga relatif kecil. Hal yang perlu dibeli hanyalah template atau website yang harganya sekitar 700.000-an rupiah atau bahkan gratis seperti pekku misalnya. Jika kamu bisa membuat dan mendesain sendiri, maka bisnis ini bisa dibilang nyaris tanpa modal.

6. Ojek Online

Suka naik motor? Senang ketemu orang baru, ojek online cocok untukmu.

Maraknya perkembangan transportasi berbasis aplikasi jadi satu peluang tersendiri. Bukan hanya untuk pengguna saja, tapi peluang kerja dengan menjadi driver ojek online adalah sisi lain yang menarik dan berdampak terbukanya lapangan kerja baru.
Menjadi driver ojek online misalnya, tentu tak sama dibandingkan menjadi pekerja kantoran atau pekerja formal lainnya. Walaupun dijadikan pekerjaan sampingan, penghasilan yang naik-turun menjadi hal yang perlu di pikirkan.
Kalian harus memikirkan modal yang harus di keluarkan di awal. Jika kalian ingin menjadikan ini sebagai pekerjaan sampingan, kalian wajib memikirkan : pulsa, kuota internet, bensin, dan tentunya sepeda motornya.

7. Jadi YouTuber.

Kalau kamu memiliki jiwa entertainment tentu tidak ada salahnya mencoba menjadi YouTuber.
Selebgram atau selebriti Instagram kini menjadi salah satu profesi yang ‘legit’ dan didambakan banyak orang, sehingga banyak generasi millenial memiliki keinginan yang begitu kuat untuk menjadi selebgram. Dengan menjadi Selebgram bukan hanya popularitas dan pundi-pundi uang yang didapat, tetapi pengalaman berkolaborasi dengan selebgram lain jadi keuntungan profesi digital ini.

YouTube sekarang memang sudah naik pangkat dan adalah salah satu media promosi paling oke buat saat ini. Dia bukan lagi cuma jadi pengisi waktu luang saat TV berada di luar jangkauan, tapi sudah jadi gaya hidup! Kamu nggak perlu buang uang dan bayar mahal-mahal buat pasang slot iklan di TV. Gimana tertarik?

ya itu tadi adalah jenis – jenis pekerjaan yang udah tim pekku rangkum yang bisa kalian lakukan untuk menambah uang bulanan yang bisa kalian gunakan untuk beli gadget, ngajak gebetan ngedate atau buat ditabung.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.