Pendekatan dan Prinsip Etika Bisnis

Etika tidak hanya dibutuhkan untuk kehidupan sosial saja. dalam dunia bisnis, etika bisnis juga sangat diperlukan agar bisnis supaya dapat mengatur tatanan moral yang siap membatasi orang dalam bertindak. Etika bisnis akan membatasi para pelaku bisnis dalam bertingkah laku baik kepada pihak internel maupun tehadap pihak eksternal. Untuk itu, sebelum membahas mengenai pendekatan dan juga prinsip etika bisnis, ada baiknya memahami terlebih dahulu pengertian daripada etika bisnis ini.

Etika bisnis adalah cara – cara atau langkah – langkah yang dilakukan oleh pebisnis untuk melakukan bisnis yang berhubungan dengan individu, industri, perusahaan serta masyarakat.

Pendekatan etika bisnis dalam perusahaan antara lain :

  • Utilitarian Approach
    Dalam pendekatan ini, setiap tindakan haruslah didasarkan dengan konsekuensinya. Untuk itu, dalam bertindak, seseorang harus memberikan manfaat yang sangat besar untuk masyarakat dengan menggunakan biaya yang serendah rendahnya dengan tidak membahayakan tentunya.
  • Individual right approach.
    Dalam prakteknya pendekatan ini akan sangat berpengaruh dalam menghargai dan menghormati tindakan orang lain. Meskipun demikian, jika dirasa tingkah laku tersebut dapat mengakibatkan suatu perpecahan atau benturan dengan hak orang lain, maka sangat baik jika dihindari.
  • Justice approach.
    Pada pendekatan yang satu ini, setiap pembuat keputusan memiliki kedudukan yang seimbang. Secara pelayananpun juga memiliki tindakan yang sama saat melayani pelanggan tidak perduli perseorangan maupun kelompok. Dalam pelaksaannya, pendekatan etika bisnis yang satu ini lebih memberikan keuntungan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Jangka pangjang yang mampu diberikan dari pendekatan etika bisnis yang ini tentunya memiliki alasan. Alasan yang menjadikan pendekatan individual right dalam etika bisnis adalah :
    – Mampu mencegah terjadinya friksi, sehingga juga mampu mengurangi biaya.
    – Memompa motivasi bekerja.
    – mampu melindungi prinsip kebebasan berniaga.
    – Membuat jiwa bersaing yang tinggi.

Prinsip – prinsip etika bisnis

Dalam etika bisnis, sangat penting dalam menjalankan prisnsip – prinsip etika bisnis. Prinsip – prinsip etika bisnis tersebut antara lain:

  • Prinsip Otonomi.
    Prinsip etika bisnis yang pertama ini mengharuskan para pelaku bisnis untuk mengambil keputusan dengan tepat dan baik serta secara moral mampu mempertanggung jawabkan keputusan tersebut.
  • Prinsip kejujuran.
    Dalam etika bisnis, prinsip kejujuran menjadi poin yang sangat penting. Tanpa berlandaskan kejujuran, bisnis tidak akan bertahan lama, karena kejujuran adalah kunci utama dalam kesuksesan berbisnis. Kejujuran sangat diharuskan dalam melakukan apapun, misalnya saja dalam hal pelaksaan kontrak, jujur terhadap konsumen, kejujuran dalam hal kerja sama, dan lain sebagainya.
  • Prinsip keadilan.
    Prinsip keadilan juga sangat diperlukan dalam etika bisnis. Ini artinya dalam prakteknya, setiap orang yang melakukan bisnis meiliki hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama yang artinya tidak akan ada pihak yang dirugikan.
  • Prinsip saling menguntungkan.
    Prinsip etika bisnis berikutnya adalah prinsip saling menguntungkan, begitu juga dengan berbisnis yang kompetitif tidak terkecuali.
  • Prinsip Integritas Moral.
    Prinsip etika bisnis yang terakhir adalah prinsip integrasi moral, perusahaan harus memiliki integritas yang baik agar selalu mendapatkan kepercayaan masyarakat, artinya mereka harus selalu menjaga nama baik perusahaan.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.