Pentingnya Penggunaan Desain Website Responsive dalam Bisnis Internet

Belakangan ini desain website responsive adalah salah satu jenis yang paling dicari oleh para pebisnis dunia maya. Tapi sebenarnya tahukah anda apa maksud dari desain website responsive itu dan apa pentingnya terhadap bisnis anda? Nah, dibawah ini akan kami berikan sedikit ulasan tentang apa yang dimaksud dengan desain website responsive dan seberapa pentingnya ini untuk anda.

Sebelum beranjak ke ranah yang lebih jauh, kita harus mengetahui alasan kenapa dibutuhkan desain website responsive. Disini kami mengambil dua situs media sosial seperti facebook dan twitter sebagai contoh. Jika anda membuka laman facebook di computer maka yang akan keluar adalah laman www.facebook.com, tapi coba buka laman ini pada ponsel anda, maka anda akan diarahkan ke laman m.facebook.com. Sama halnya dengan twitter, nanti ketika berada di ponsel yang terbuka bukan laman www.twitter.com melainkan m.twitter.com. Jadi, intinya laman ini terpisah dari versi yang berada di dekstop. Lalu apa hubungannya dengan desain website responsive?

Sebelum ada desain website responsive, itu adalah cara yang paling ampuh agar sebuah website bisa diakses dari berbagai macam perangkat, baik dekstop ataupun mobile. Tapi, mempunyai dua versi yang berbeda pastinya juga menyulitkan bagi pemilik website. Mereka harus berfikir ulang untuk desain dua website yang berbeda, pengaturan konten, perbaikan hingga tidak menutup kemungkinan untuk keluar biaya ekstra.

Karena permasalahan tersebutlah muncul banyak ide untuk membuat sebuah website yang bisa menyesuaikan tampilan dengan perangkat apapun secara otomatis. Jadi, ketika jendela website dibesar kecilkan, maka tampilan halaman website bisa menyesuaikan secara otomatis dari segi apapun, baik tata letak, konten (gambar dan font), menu, sidebar, dll. Nah, proses yang demikian itulah yang disebut dengan teknik desain website responsive. Kemudian, jika dilihat dari pengertian desain website responsive secara luas, kita bisa memahami bahwa desain ini memang dikhususkan untuk memanjakan pengunjung ataupun pemilik website. Dengan desain website responsive kita bisa dengan mudah mengakses dan menjelajah segala macam hal dengan versi yang sama tanpa terlewat satu isi ataupun konten lewat berbagai macam perangkat baik laptop, smartphone, PC ataupun tablet PC .

 

Lalu, mengapa desain website responsive itu penting dalam bisnis internet?

  1. Kemudahan akses
    Dalam desain website responsive ada yang namanya kemudahan akses. Semakin mudah diakses, maka semakin tinggi peluang bisnis tersebut meningkat. Apalagi di jaman sekarang ini orang jauh lebih menyukai mengakses website tidak lewat Pc ataupun laptop, tapi cenderung ke tablet atau smartphone. Nah, ini alasan kenapa memiliki desain website responsive untuk bisnis anda begitu dianjurkan.
  2. Google
    Googel merekomendasikan desain website responsive karena ini lebih mudah dibandingkan harus menggunakan dua versi website. Desain ini memiliki satu HTML dan URL sehingga google akan lebih mudah dan cepat untuk mengindeks dan juga mengatur konten.
  3. Pengelolaan mudah
    Dengan hanya mengandalkan desain website responsive, berarti pemilik juga makin mudah untuk memantau keadaan websitenya. Dan jelas ini lebih mudah dari mengurusi dua website.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.