Pentingnya SEO untuk Bisnis Online Kamu

Teknologi internet yang mulai meluas di masyarakat mempengaruhi kebiasaan masyarakat. Dulu mungkin untuk mencari berbagai informasi mereka akan mencari melalui surat kabar atau media televisi, namun saat ini banyak yang memanfaatkan internet. Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, mereka biasanya akan memanfaatkan search engine seperti Google, hanya dengan mengetikkan keyword yang diinginkan, maka berbagai informasi yang mereka butuhkan akan tersedia. Dengan kondisi seperti itu, para pengusaha bisnis online pun mulai memanfaatkan search engine sebagai media promosinya, dengan menggunakan SEO mereka berusaha memaksimalkan website agar muncul di halaman pertama search engine.

SEO atau Search Engine Optimization adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Teknik yang dilakukan dalam SEO dapat dilakukan dari dalam website dan dari luar website, namun hasil yang didapat akan lebih optimal jika dilakukan melalui keduanya. Manfaat yang bisa didapatkan dari SEO ini antara lain:

1. Mengungguli kompetitor

Sebagian besar kunjungan ke suatu website berasal dari search engine. Contohnya saja ketika seseorang sedang ingin membeli sesuatu, biasanya orang akan mencari toko yang menjual barang tersebut dengan menggunakan search engine. Dan orang cenderung akan melihat hanya pada halaman pertama saja, apalagi jika di halaman tersebut mereka sudah menemukan toko yang sesuai dengan keinginan mereka. Hanya beberapa orang saja yang melihat halaman-halaman selanjutnya.

2. Search engine friendly

Dengan menggunakan SEO maka toko online kamu akan mudah ditemukan orang bahkan tanpa mengetahui alamat websitemu. Website yang search engine friendly akan selalu muncul setiap kali orang mengetik keyword barang apa yang akan dicari. Hal ini juga memberikan efisiensi waktu pengunjung saat berbelanja online.

3. Meningkatkan jumlah pengunjung

Website yang berada pada halaman pertama, akan berpengaruh pada meningkatnya jumlah pengunjung ke website tersebut. Dengan meningkatnya pengunjung, maka akan berdampak juga pada penjualan.

Dengan menggunakan keyword yang tepat, maka pengunjung yang datang adalah pengunjung yang merupakan segmentasi yang dituju, atau memang pengunjung yang sedang mencari barang atau jasa yang sedang kita tawarkan. Dengan begitu, kemungkinan pengunjung tersebut menjadi konsumen akan semakin besar.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.