Pentingnya Tujuan dalam Berbisnis

Setiap bisnis, baik besar maupun kecil, baik multilevel ataupun UKM, penting diikuti dengan tujuan yang menjadi dasar mengapa sang pemilik memulai usaha itu. Tujuan disini bukanlah sekedar “mengumpulkan uang untuk hidup”, namun tujuan yang bersifat menyentuh seluruh pihak yang terlibat dalam usahamu. Berikut adalah pentingnya memiliki tujuan dalam berbisnis:

 

1. Tujuan untuk Diri Sendiri.

Hidup ini terlalu singkat untuk dilalui dalam kesia-siaan. Saat kamu berkarir atau memiliki usaha, akan tiba waktunya dimana kamu bangun di pagi hari dan bertanya pada diri sendiri, “Apa gunanya aku bekerja hari ini?”. Pada tahap ini, jawaban “untuk memperoleh uang” sudah tidak menarik lagi bagimu. Tapi jika kamu bisa menemukan jawaban yang lebih spesifik dan lebih besar lingkupnya daripada itu, itulah motivasimu untuk terus bekerja.

2. Tujuan untuk Karyawanmu.

Karyawanmu sama denganmu, mereka menginginkan dan akan semakin terpacu dengan dorongan motivasi bekerja. Mereka akan bahagia dan terpuaskan jika bisa turut berperan menghasilkan sesuatu yang lebih. Inilah tugasmu sebagai atasan atau pemilik usaha untuk mewariskan tujuan bisnismu kepada mereka agar timbul pemahaman yang sama dalam menapaki tujuan yang sama.

 

3. Tujuan untuk Pelangganmu.

Usaha yang memiliki tujuan akan memotivasi pelanggan untuk mendukung tujuan tersebut. Jika kamu adalah pengusaha barang kerajinan tangan dari bahan daur ulang demi mengurangi limbah rumah tangga, kampanyekan tujuanmu dan ajak pelanggan untuk turut serta. Pemahaman ini akan membangun suatu komunitas yang berlandaskan kepercayaan dan kesamaan visi.

4. Tujuan untuk Komunitasmu.

Komunitas ini bisa berupa bisnis lain di bidang yang sama atau lokasi dimana usahamu berada. Kurangi angka pengangguran dengan mempekerjakan orang-orang di sekitar kompleks, bekerjasama dengan ketua RT, atau mendonasikan hasil untuk kemajuan lingkungan merupakan tujuan yang menyentuh orang-orang disekitarmu. Tujuan ini bukan hanya mengembangkan usahamu, namun juga mengangkat nilai hidup mereka yang berada didekatmu.

Thu-3-2 

Jangan ragu untuk meluangkan waktu dan bercermin selama tahun 2014 untuk memajukan usaha dengan tujuan yang lebih spesifik dan terarah di tahun 2015. Saat kamu mampu menggerakkan lingkunganmu menuju arah yang lebih baik, itulah bukti bahwa bisnismu sukses. Selagi masih awal Desember, manfaatkan waktu yang ada demi 2015 yang lebih baik.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.