Perbedaan Web Designer, Web Programmer, Web Developer, dan Web Master

Pernahkah Pekku Goers sulit membedakan perbedaan dan job desk antara web designer, web programmer, web developer dan web master? Kali ini Pekku ingin berbagi sedikit informasi yang bisa membantumu untuk membedakan keempat jenis pekerjaan di atas:

  1. Web Designer

Sesuai dengan namanya, web designer bertanggung jawab atas desain seluruh layout dari website yang akan dibangun. Seorang web desainer akan menentukan tampilan dan susunan layout website mulai dari gaya dan konsep desain yang diinginkan, penggunaan warna, jenis font, foto, elemen bidang geometri, pola, penempatan tombol, logo dan sebagainya. Tampilan dan susunan layout yang telah didesain oleh web desainer bertujuan untuk memberikan harmonisasi dan menciptakan user experience yang baik bagi pengunjung website nantinya.  Untuk mendesainya, seorang web desainer akan membutuhkan program-program desain seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, 3DS Max, Flash Player, dan lain-lain.

 

  1. Web Programmer

Setelah website tersebut didesain dengan baik, selanjutnya web programmer bertanggung jawab untuk merealisasikan desain yang telah dibuat. Seorang web programmer akan  membangun website melalui bahasa pemrograman seperti Ruby on Rails, PHP, .NET, Java dengan program Sublim, Editor PHP, Java Script, dan sebagainya. Apabila website yang tersebut selesai dirangkai oleh web programmer, maka pengunjung dapat mengaksesnya dengan baik.

 

  1. Web Developer

Bila seorang web programmer bertanggung jawab untuk merangkai website sesuai desain hingga dapat diakses oleh pengunjung, maka web developer bertanggung jawab untuk melakukan analisa terhadap website yang telah dibangun tersebut. Analisa yang dilakukan meliputi perkembangan website dengan seluruh elemen yang bersangkutan seperti pertumbuhan pasar saat ini, perubahan perilaku dan psikologis target audience yang dituju oleh website, kecanggihan teknologi terkini yang dapat diaplikasikan pada website tersebut, dan lain-lain. Tujuan dari analisa yang dilakukan web developer ini adalah agar website yang telah dibangun itu dapat terus diakses oleh pengunjung dan mengikuti perkembangan tren serta jaman.

 

  1. Web Master

Nah, web master adalah seseorang yang memiliki modal untuk membangun website itu sendiri. Tanpa modal yang cukup yang dimiliki oleh web master ini, tentunya sebuah website tidak akan terbangun dengan baik. Seorang web master dapat juga bekerja sebagai web designer, web programmer, atau web developer. Bila seorang web master tidak pernah berhubungan dengan dunia digital, ia dapat mencari jasa ketiga pekerjaan di atas untuk membangun website yang diingatkannya dengan baik.
Pekku Tips: Pekku Goers, ada cara lain selain menyewa jasa keempat jenis pekerjaan di atas untuk membangun sebuah website, yaitu melalui platform milik Pekku.
Jika kamu tertarik untuk memiliki website instanmu sendiri, kamu dapat mengaksesnya di:

https://pekku.com

Selamat mencoba!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.