Perencanaan Media Sosial Secara Efektif Untuk Bisnis

Selain dimanfaatkan untuk sarana komunikasi dengan teman maupun kerabat yang tinggal berjauhan, saat ini media sosial juga dimanfaatkan secara efektif sebagai media pengembangan bisnis. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan media sosial, maka pelaku bisnis dapat berinteraksi secara langsung dengan para pelanggan. Media sosial yang biasa digunakan untuk bisnis antara lain, Facebook, Twitter, dan Instagram. Namun, penting untuk diketahui bahwa menggunakan media sosial untuk bisnis pun harus direncanakan dengan baik agar memperoleh hasil sesuai dengan yang diinginkan. Berikut ini merupakan langkah-langkah efektif untuk merencanakan media sosial sebagai sarana promosi maupun perkenalan bisnismu.

 

 

Facebook

Sebagai salah satu media sosial yang paling banyak digunakan, Facebook tak lepas dari perhatian para pelaku bisnis untuk dijadikan sebagai media berbisnis. Langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan notifikasi dari jumlah Like yang diperoleh berdasarkan postingan tertentu. Kamu juga bisa membalas satu per satu komentar dan pesan pribadi yang dikirimkan oleh pengikut halaman Facebook bisnismu. Untuk meningkatkan jumlah trafik, cobalah untuk mencari tahu hal-hal apa saja yang sedang popular dibicarakan oleh masyarakat yang tentunya berkaitan dengan bisnis yang kamu jalankan.

Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan Facebook sebagai wadah terbaik untuk berbagi beragam artikel informatif yang dibutuhkan masyarakat luas. Pastikan kamu mengambil artikel tersebut dari sumber yang terpercaya, atau akan lebih baik jika website bisnismu disertai dengan blog yang dapat dibagikan kepada pengguna Facebook lainnya. Batasi sebanyak 1 hingga 2 postingan dalam satu hari agar tidak menjadi spamming di halaman news feed pengguna lainnya.

 

Twitter

Tidak jauh berbeda dari Facebook, media sosial Twitter pun banyak dimanfaatkan sebagai sarana bisnis untuk melakukan pendekatan terhadap para pengikut. Biasakan untuk mengucapkan salam dan terima kasih kepada pengikut baru sebagai apresiasi yang dapat kamu berikan. Secara rutin cek mentions, popular hashtags, dan hal-hal lain yang muncul pada timeline. Jangan ragu untuk mere-tweet postingan yang kontennya masih memiliki kaitan dengan bisnis yang kamu jalankan. Berikan jeda waktu untuk masing-masing tweet agar pengikut tidak merasa terganggu dengan postinganmu dan sertakan pula hashtags yang sesuai dengan konten yang ada pada tweetmu itu.

 

Instagram

Belakangan ini nama Instagram semakin terkenal di kalangan pengguna internet. Tak heran jika popularitasnya mengundang minat para pelaku bisnis untuk memanfaatkan Instagram sebagai media sosial untuk berbisnis. Terlebih dulu pastikan bahwa kamu memposting foto dengan kualitas yang baik serta gunakan caption yang menarik. Lakukan posting minimal 1 foto dalam sehari agar bisnismu tetap diingat oleh para pengikut akun Instagram tersebut. Kamu juga disarankan untuk memakai hashtags yang sesuai dengan postingan tersebut agar akun Instagram bisnismu lebih mudah ditemukan oleh target pasar yang sesuai.

 

Tips Pekku:

Perencanaan media sosial yang dilakukan secara efektif diharapkan dapat meningkatkan jumlah penjualan serta brand awareness masyarakat terhadap produk bisnismu. Masing-masing media sosial memiliki kriteria posting tersendiri sehingga kamu harus bisa memilah dengan baik. Facebook, Twitter, dan Instagram dapat digunakan sebagai sarana berbisnis untuk menjangkau masyarakat dengan lebih cepat dan tepat.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.