Pertanyaan Wajib Pelaku UKM

Jumlah pelaku UKM di Indonesia hari ini meningkat, jumlah pemilik akun media sosial guna mempromosikan usaha pun bertambah. Namun, jika kamu juga pelaku UKM, sudahkan kamu mempertanyakan 5 Pertanyaan Wajib Pelaku UKM berikut ini agar usahamu sukses?

  • Siapa target marketmu?
  • Usahamu masuk dalam kategori apa?
  • Apa yang menjadikan usahamu unik?
  • Siapa kompetitor terberatmu?
  • Apa yang membedakan usahamu dari kompetitor?

 

Target market yang terlalu luas bukan hanya menghabiskan dana promosi untuk menjangkaunya, tapi juga membuatmu kehilangan fokus tentang “siapa yang harus kamu layani?”. Kategorikan juga bisnismu dalam diskripsi singkat yang tepat, jika Starbucks mendeskripsikan bisnisnya sebagai “high-quality coffee” (kopi berkualitas tinggi), maka pelaku UKM homemade brownies bisa berkata bisnisnya adalah “sweet yet healthy snack” (camilan manis tapi sehat). Kemudian, tonjolkan apa yang menjadikan usahamu unik. Misalnya menciptakan red velvet brownies sebagai varian usaha browniesmu.

 

Setelah fokus pada usahamu, saatnya fokus pada kompetitormu. Tentukan siapa yang menjadi saingan terberat usahamu, bisa melalui target market atau strategi marketingnya. Seperti pelaku UKM homemade brownies yang berpromosi di Instagram dan tentu memiliki saingan sejenis di media sosial yang sama. Karena itu, bedakan usahamu dari usaha yang sejenis. Jika homemade brownies lain mengirim pesanan dalam 5 hari, tawarkan shipping duration yang hanya 3 hari dan tepatilah janji itu.

 

UKM kini tidak perlu minder di hadapan usaha besar. Dengan strategi marketing yang tepat, usahamu pun bisa berkembang dan naik level menjadi yang lebih tinggi. Jangan lupa, milikilah website untuk memperkenalkan bisnismu ke seluruh Indonesia. Hanya dengan Rp 29.900, kini pelaku UKM bisa punya website sendiri! Bagaimana caranya? Kunjungi www.pekku.com dan temukan solusi bisnismu!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.