Rahasia Sukses UKM

Tidak ada cara instan untuk meraih kesuksesan, termasuk pada sektor Usaha Kecil-Menengah (UKM). Sebuah UKM memerlukan proses dan lama proses tersebut tidak sama antara satu usaha dengan usaha lainnya, tergantung besar-kecilnya usaha tersebut. Proses yang dimaksud juga harus ditunjang dengan pengetahuan dalam menjalankan bisnis UKM seperti tersebut dibawah ini.

1. Mempunyai Business Plan

Banyak orang menjalankan usaha dengan cara coba-coba, tidak mau belajar dari ahlinya atau mengeluarkan biaya untuk proses belajar tersebut dan akhirnya malah mengeluarkan biaya yang sangat besar karena kegagalan-kegagalan atau mengalami kerugian yang sebenarnya bisa dihindari atau paling tidak diminimalkan. Perencanaan Usaha (Business Plan) tidak hanya diperlukan pada saat memilih dan memulai usaha, tetapi juga bisa digunakan untuk mengevaluasi sampai mengembangkan usaha yang di dalamnya berisi antara lain deskripsi bisnis, analisa pasar dan kompetitor, pemilihan lokasi, pemasaran, manajemen dan SDM, rencana produksi, keuangan, data informasi pendukung, tujuan jangka pendek, menengah dan jangka panjang, pengembangan usaha.

 

2. Mempunyai S.O.P

Wed-2-2

Standard Operating Procedure (SOP) bisa diterjemahkan sebagai pendetailan dari business plan, manfaat adanya SOP antara lain dapat menjaga konsistensi dalam menjalankan suatu prosedur kerja, memberikan kejelasan prosedur kerja, tanggung jawab dan wewenang, dapat meminimalisir kesalahan dalam melakukan pekerjaan, memudahkan pendelegasian serta membantu dalam evaluasi terhadap setiap proses kerja. Selain itu, SOP juga bisa digunakan sebagai persiapan untuk pembuatan franchise usahamu.

 

3. Mempunyai Strategic Plan

Strategic Plan ini digunakan sebagai strategi untuk menghadapi setiap permasalahan yang ada baik intern maupun ekstern,  jangka pendek, menengah atau  jangka panjang, bahkan bisa digunakan jika terjadi sesuatu yang terjadi secara mendadak atau tiba-tiba. Misalnya menghadapi kompetitor, supplier, partner, bahkan karyawanmu sendiri.

4. Membangun Network

Membangun network bisa dilakukan dengan berbagai cara, jaringan ini diperlukan tidak hanya dalam hal pemasaran tetapi juga dalam rangka mencari partner yang akan mendukung usaha kita, misalnya supplier, transporter, distributor dll. Hubungan yang dibina tentu saja harus simbiosis mutualisme (saling menguntungkan). Caranya bisa dengan membuat kartu nama, brosur, buletin, bergabung dengan beberapa komunitas entrepreneur, sosial, keagamaan, hobby, paguyuban dan sebagainya.

 

5. Memanfaatkan Internet dan Social Media

Untuk mengembangkan jaringan, internet dan media sosial sangat efektif dan besar manfaatnya, terutama di era digital seperti saat ini. Pemanfaatan media sosial ini akan menghemat biaya dan waktu karena UKM dengan calon konsumen atau partner tidak harus bertemu langsung. Untuk itu pelaku UKM wajib belajar dan memanfaatkan internet mulai dari email, Facebook, Twitter, membuat Blog atau Website. Terlebih saat Pekku hadir dan menawarkan solusi website terpercaya dengan harga yang sangat terjangkau. Kini pelaku UKM pun bisa punya website sendiri, harganya tetap murah dan bisa kamu kreasikan sebebas mungkin dengan berbagai pilihan template untuk segala jenis usaha.

Punya website tidak harus merogoh kocek sangat dalam, terutama bagi kamu yang baru saja mengawali bisnis UKM. Tidak perlu repot memikirkan desain, domain, maintenance, dll karena Pekku yang akan menangani semuanya! Kamu hanya tinggal fokus pada bisnismu dan jadilah sukses bersama Pekku!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.