Recycle Rutinitas menjadi Produktivitas – bagian 2

Masih ingat dengan bagian pertama dari tips merecyle rutinitas menjadi produktivitas? Kali ini Pekku akan bagikan bagian ke-2nya yang juga berisi 5 tips supaya kamu tetap aktif ditengah tempo kerja yang makin cepat. Lawan workloadmu dengan strategi sederhana dari Pekku berikut ini.

 

1.     Kendalikan gangguan.

Saat sedang mencari data di internet, kamu menemukan artikel menarik yang ingin kamu baca namun waktu mengejarmu sehingga tidak mungkin untuk melakukannya saat itu juga. Bookmark artikel itu dan lanjutkan bekerja! Tapi bila pekerjaanmu memang sedang membutuhkanmu untuk sepenuhnya fokus, tahan keinginanmu untuk menanggapi pengalih perhatiaan hingga pekerjaanmu selesai ya.

 

2.     Kembali ke cara tradisional.

Tue-3-1

Tips ini akan sangat berguna bagi penulis atau editor. Menulis secara tradisional menggunakan alat tulis dan kertas membuatmu mengingatnya lebih baik daripada mengetik di komputer atau smartphone. Dengan mencorat-coret sketsa kasar atau draft artikel secara manual akan membantumu lebih bebas berkreasi dan mendorong munculnya ide baru.

 

3.     Rapikan kekacauan.

Lihat meja kerjamu. Lihat juga desktop atau foldermu. Rapikah? Berantakankah? Sekaranglah saatnya kamu merapikan kekacauan di ruang kerjamu supaya segala sesuatunya kembali tertata dan lebih mudah untuk dilihat atau mencarinya. Ruang kerja yang memberikan kesan luas karena tertata rapi mendorong kreativitasmu untuk “mengisi kekosongan” tersebut dengan produktivitas. Ruang kerja disini bisa juga merujuk pada websitemu, jika kamu sudah punya website sejak lama dan memiliki blog atau telah mengupdate beberapa fitur, rapikanlah supaya tetap mudah dilihat. Bisa dengan menata ulang tampilan atau merombak desain secara keseluruhan.

 

4.     Delegasikan dan manfaatkan.

Tue-3-2

Manfaatkan smartphone sebagai asisten pribadi. Simpan agenda meetingmu di Google Calendar, catat info penting di Evernotes, atau konsultasikan dengan Food Panda untuk menghemat waktu mencari lokasi makan siang. Jangan lakukan semuanya sendiri jika kamu punya “rekan kerja” yang bisa kamu kantongi kemana-mana karena smartphone mahal bukan cuma pajangan.

 

5.     Pikirkan dan refreksikan.

Perkembangan pribadi akan tumbuh manakala kamu mau duduk dan berpikir sejenak tentang apa yang sudah kamu lakukan. Jika tempomu terlalu lambat, percepat. Jika variasi kegiatan justru melelahkanmu, hentikan. Kesembilan tips merecycle rutinitas hanya akan menjadi tulisan belaka jika kamu sendiri tidak meluangkan waktu untuk merefleksikan kembali.

 

Sekian tips dari Pekku untuk hari ini. Nantikan selalu tips-tips Pekku lainnya karena kami suka berbagi. Ada tips tentang media sosial, tips online marketing, tips design, bahkan info mengenai perkembangan teknologi dan kelangsungannya seperti tentang email atau trend selfie. Kalau sudah tahu tipsnya, waktunya kamu punya website sendiri dan mengembangkan usahamu dengan strategi yang tepat.

Salam sukses!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.